Ilustrasi penggunaan fitur PayLater di Indodana. Sumber: indodana.id
Fintech

Indodana Gaet OCBC NISP untuk Tingkatkan Penyaluran PayLater

  • PT Artha Dana Teknologi (Indodana) menjalin kerja sama dengan PT Bank OCBC NISP Tbk dalam bentuk pendanaan berskema channeling untuk meningkatkan penyaluran kredit PayLater.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Artha Dana Teknologi (Indodana) menjalin kerja sama dengan PT Bank OCBC NISP Tbk dalam bentuk pendanaan berskema channeling untuk meningkatkan penyaluran kredit PayLater.

Direktur Indodana Jerry Anson mengatakan, PayLater adalah solusi yang memberikan akses kepada masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan konvensional.

"Kami akan menggunakan fasilitas pendanaan ini untuk memperkuat dan memperluas penyaluran layanan Indodana PayLater dan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas," ujar Jerry dikutip dari keterangan pers, Selasa, 26 April 2022.

Digital Lending Division Head Bank OCBC NISP Veronika Susanti menyampaikan, kerja sama yang dijalin dengan Indodana adalah upaya strategis untuk menyediakan akses yang luas terhadap layanan keuangan yang prudential di Indonesia.

"Kolaborasi pemberian fasilitas loan channeling ini merupakan langkah konkrit kami untuk mengkombinasikan kekuatan perbankan dan platform fintech lending dalam memberikan nilai transformasi terhadap perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” ucap Veronika.

Menurut Veronika, perluasan akses PayLater tentunya harus diimbangi dengan literasi masyarakat dalam perihal pengelolaan keuangan sehingga layanan dapat dimanfaatkan dengan tepat.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC) dan 2C2P, Indonesia diproyeksikan akan menjadi pasar buy now pay later (BNPL) terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025. Volume transaksi dengan PayLater di e-commerce diperkirakan akan naik 8,7 kali dibandingkan tahun 2020.

Oleh karena itu, Indodana pun melakukan upaya untuk meningkatkan penyaluran kredit PayLater, salah satunya lewat kerja sama dengan OCBC NISP.

Sebagai informasi, Indodana adalah platform penyedia layanan PayLater yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2020.

Pengguna bisa mendapatkan limit hingga Rp25 juta untuk transaksi di seluruh mitra pedagang Indodana, di antaranya di e-commerce Tokopedia, Blibli, tiket.com, Bukalapak, Elevenia, dan iStyle.

Selain itu, PayLater Indodana juga bisa digunakan untuk transaksi di lebih dari 1.500 merchant dan gerai seperti Hypermart, Courts, Erafone, Lottemart, Electronic City, Lulu Hypermarket, Hush Puppies, Puma, Kalbe, Atria, dan Hartono Elektronik.

Sementara itu, Bank OCBC NISP adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1941. Per tanggal 31 Maret 2022, OCBC NISP melayani nasabah lewat 205 jaringan kantor di 54 kota di Indonesia.

OCBC NISP juga melayani nasabah melalui kanal digital, termasuk mobile banking dan internet banking, baik itu untuk individu maupun korporasi.