<p>Alibaba Cloud meluncurkan data center keduanya di Indonesia lewat PT Indointernet Tbk yang kini bakal IPO di BEI / Dok. Indonet</p>
Korporasi

Indointernet (EDGE) Suntik Modal Anak Usaha Rp70,1 Miliar

  • Emiten penyedia jasa internet, PT Indointernet Tbk (EDGE) menyuntikan modal disetor kepada anak perusahaannya, PT Ekagrata Data Gemilang (EDG) senilai Rp70,1 miliar pada 16 Agustus 2022 untuk keperluan belanja modal.
Korporasi
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Emiten penyedia jasa internet, PT Indointernet Tbk (EDGE) menyuntikan modal disetor kepada anak perusahaannya, PT Ekagrata Data Gemilang (EDG) senilai Rp70,1 miliar pada 16 Agustus 2022 untuk keperluan belanja modal.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, setoran modal senilai Rp70,1 miliar tersebut terdiri dari Rp70 miliar suntikan modal oleh perseroan dan Rp117 juta oleh Otto Toto Sugiri, komisaris EDG.

Penyuntikan modal ini juga tidak memenuhi batasan material sebagaimana ditetapkan POJK 17. Dengan begitu, transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material sebagaimana diatur dalam POJK 17.

"Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan berdasarkan Pasal 6 Ayat (1) huruf b dan huruf f POJK 42/2020," kata Direktur perusahaan, Donauly Elena Situmorang dilansir pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Indointernet diketahui memiliki 99,83% saham dari seluruh modal disetor dalam EDG. Transaksi afiliasi berupa penambahan penyertaan modal ini dilaksanakan untuk mempertahankan persentase kepemilikan saham dalam EDG.

Tambahan informasi, EDG merupakan anak usaha Perseroan yang bergerak dibidang aktivitas hosting, salah satu kegiatan usahanya yakni pembangunan pusat data. Anak usaha EDGE ini telah berdiri sejak 2018 dan Otto Toto Sugiri salah satu penyuntik modal tercatat sebagai komisaris EDG.