<p>Gerai ritel Indomaret PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) milik konglomerat Anthoni Salim / Indoritel.co.id</p>
Korporasi

Indomaret dan UGM Jalin Kerja Sama Pasarkan Hasil Pertanian

  • Kerja sama ini memberikan Indomaret peluang memasarkan -produk hasil riset UGM yang dapat dimanfaatkan. 
Korporasi
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JOGJA - Indomaret dan Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menyepakati kerja sama dalam rangka mengembangkan sektor pertanian dan peternakan, serta pemasaran produk-produknya. Kerja sama ini memberikan Indomaret peluang memasarkan -produk hasil riset UGM yang dapat dimanfaatkan. 

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Arief Setiawan Budi Nugroho menyatakan pentingnya riset yang dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Saya kira riset itu bukan untuk diri sendiri, apalagi hanya untuk menembus jurnal-jurnal, tapi bagaimana riset bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Arief, dilansir ugm.ac.id, Jumsy 11 Agustus 2023.

Dalam kerja sama ini, UGM akan menyediakan produk-produk hasil pengembangan risetnya, seperti budidaya Melon, Semangka, dan Pepaya, untuk dipasarkan melalui toko-toko Indomaret di Jogjakarta dan Klaten. Potensi pemasaran yang besar diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat setempat.

Indomaret, yang sebelumnya fokus pada memasarkan produk retail, kini membuka peluang bagi produk-produk UMKM melalui konsep Indomaret Point. "Semula UMKM masuk agak sulit, tetapi sekarang beberapa Indomart Point sudah menawarkan produk-produk UMKMnya seperti makanan-makanan ringan, Onigiri dan lain-lain," tambah Arief.

Dengan lebih dari 500 toko indomaret di Jogja dan 1300 toko di Klaten, petani diharapkan mendapat manfaat dalam aspek ekonomi dan kesejahteraan. Tujuan lainnya adalah mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang mereka miliki.

Kerja sama ini merupakan langkah awal dalam pengembangan ekonomi kemasyarakatan. Dengan membantu pemasaran produk-produk petani, diharapkan dapat memberikan peluang ekonomi yang lebih baik bagi mereka. UGM dan Indomaret berharap dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian dan peternakan, serta memberdayakan masyarakat melalui pemasaran produk-produk unggulan. Kerja sama ini juga sejalan dengan upaya untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat