Timnas Indonesia saat menghadapi Singapura di Seminfinal Piala AFF 2020
Nasional

Indonesia Bertemu Thailand Final Piala AFF 2020: Ketajaman Garuda Vs Ketangguhan Gajah Putih

  •  JAKARTA- Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Thailand dalam Final Piala AFF 2020 setelah tim Gajah Putih tersebut menyingkirkan tim kuat lainnya V
Nasional
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Thailand dalam Final Piala AFF 2020 setelah tim Gajah Putih tersebut menyingkirkan tim kuat lainnya Vietnam.

Pertemuan kedua tim akan menjadi menarik karena keduanya menyandang status masing-masing dalam AFF kali ini. Garuda dikenal sebagai tim paling subur atau produktif dengan jumlah gol, di sisi lain Thailand adalah kesebelasan paling tangguh karena paling jarang kebobolan gawangnya.

Skuad Garuda lebih dulu memastikan tiket ke partai puncak usai melewati Singapura. Kedua tim berimbang 1-1 di leg pertama dan kemudian Indonesia menang 4-2 lewat laga penuh drama yang berjalan sampai extra time di leg kedua.

Sementara itu Gajah Perang berhasil menyingkirkan juara bertahan Vietnam di semifinal usai berimbang 0-0 di leg kedua, Minggu (26/12/2021) malam. Hasil seri ini cukup mengantar Thailand melaju ke final karena di leg pertama mereka menggulung Vietnam dengan skor 2-0.

Menilik statistik kedua tim, Indonesia tampil di final sebagai tim tersubur Piala AFF 2020. Status itu juga sudah melekat buat Skuad Garuda sedari kelolosan sebagai juara Grup B. Leg pertama final Piala AFF 2020 dijadwalkan berlangsung pada Rabu (29/12/2021). Adapun leg kedua final Piala AFF 2020 akan dihelat tiga hari berselang pada Sabtu (1/1/2022). Pertandingan akan digelar di National Stadium, Singapura.

Indonesia menjadi tim paling subur selama Piala AFF 2020. Tim merah putih ini berhasil melesakkan bola ke gawang lawan sebanyak 18 kali sejak fase grup dengan 7 kali kebobolan. Irfan Jaya masih menjadi pemain Indonesia paling subur dengan 3 gol. Sementara Thailand berhasil mencetak 12 gol dan hanya kemasukan satu kali.

Tetapi Thailand adalah lawan berat bagi Indonesia. Catatan pertandingan kedua tim juga tidak begitu bagus untuk Indonesia. Kedua timnas ini sudah 78 kali bertemu di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut Indonesia meraih 25 kemenangan, 14 kali imbang, dan 39 kalah dari Thailand. 

Sedangkan di ajang AFF yang awalnya dikenal sebagai Piala Tiger Indonesia dan Thailand telah bertemu 12 kali  dan Indonesia hanya berhasil memetik tiga kali kemenangan.