<p>Arifin Tasrif </p>
Nasional

Indonesia jadi Tuan Rumah World Hydropower Congress, Apa Untungnya?

  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan bahwa Indonesia didaulat sebagai tuan rumah pada gelaran World Hydropower Congress (WHC)pada 2023 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan Oktober 2023.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan bahwa Indonesia didaulat sebagai tuan rumah pada gelaran World Hydropower Congress (WHC)pada 2023 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan Oktober 2023.

Arifin mengungkapkan, kongres ini merupakan kegiatan unggulan bagi para pembuat keputusan di dalam dan di luar industri tenaga air untuk membantu memastikan ketahanan energi dan mencapai emisi nol bersih global.

"Kongres ini akan memberikan pernyataan kebijakan tingkat tinggi, rekomendasi, dan komitmen yang memengaruhi pertumbuhan global tenaga air yang berkelanjutan," kata Arifin di sela-sela pertemuan International Renewable Energy Agency (IRENA) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu, 14 Januari 2023.

Apa Tujuan World Hydropower Congress (WHC)?

Arifin mengungkapkan WHC, bertujuan untuk mendiskusikan upaya promosi energi terbarukan dan pembangunan industri masa depan melalui Pembangkit Listrik tenaga Air, penanganan isu lingkungan dan sosial, serta pembangunan ketahanan iklim untuk mengatasi kekeringan dan banjir yang kerap terjadi.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah WHC memiliki manfaat strategis. Selain dapat mengangkat profil Indonesia di kancah internasional, kegiatan ini juga sekaligus sebagai langkah promosi menarik investor untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air Indonesia berkelanjutan.

Selain itu kegiatan dapat menjadi upaya menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap net zero emission, dan memposisikan Indonesia sebagai pemimpin dalam memajukan pembangkit listrik tenaga air berkelanjutan untuk menghentikan penggunaan batubara.

Sekedar Informasi, WHC merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh International Hydropower Association (IHA) setiap dua tahun. WHC 2023 akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 31 Oktober hingga 2 November 2023 mendatang dengan tema utama "Powering Sustainable Growth".