<p>Petugas melakukan simulasi pengisian listrik kendaraan bermotor di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN, di Kantor Pusat PLN, Trunojoyo, Jakarta, Senin, 9 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Indonesia Kembangkan Industri Battery Swap untuk Motor Listrik, Begini Kecanggihannya!

  • Kemenperin menggenjot ekosistem kendaraan listrik dengan pengembangan battery swap.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan akselerasi ekosistem kendaraan listrik salah satunya dengan melakukan pengembangan penukaran baterai (battery swap) untuk sepeda motor di Indonesia. 

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan, pemerintah terus berupaya untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulur sampai hilir sehingga menjadi pemain penting dalam global supply chain.

"Pengembangan kendaraan listrik juga diharapkan mendukung  komitmen pemerintah Indonesia terkait pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRC) 29% pada 2030 dan net zero carbon pada 2060," kata Taufik dalam keterangan resmi, Rabu, 1 Juni 2022.

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan The New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO), Japanese Executing Agency, dan Indonesia R&D Institution untuk keperluan demonstrasi sepeda motor listrik dengan teknologi penukaran baterai.

Hasil studi dari proyek tersebut nantinya dapat memberikan gambaran menyeluruh akan model bisnis penukaran baterai dan dampaknya terhadap industri kendaraan bermotor. 

Selanjutnya diharapkan dapat dijadikan referensi untuk mendukung investasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Adapun kecanggihan dari battery swap ini diyakini dapat memudahkan dan mempercepat waktu pengguna motor listrik untuk mengganti baterai baru saat baterai sebelumnya kehabisan daya.

Baterai ini diprediksi mampu menempuh jarak 80-100 kilometer (km) hanya dengan isi ulang setara Rp5.000.

Penjualan battery swap ini juga semudah bertransaksi penjualan tabung gas yang tersedia di minimarket yakni hanya perlu membawa baterai bekas dan diganti dengan baterai baru.

Lebih lanjut, Taufik optimis industri otomotif akan menjadi penopang akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Hal itu berdasarkan dari kinerja industri alat angkutan yang mengalami pertumbuhan paling tinggi pada kuartal I-2022 dengan capaian besar 14,2%.