Honesti Basyir
Nasional

Indonesia Siap Produksi Vaksin COVID-19 Dalam Negeri Bernama Indovac

  • Direktur PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengungkapkan bahwa Indonesia siap memproduksi vaksin untuk COVID-19 dalam negeri dengan nama Indovac atau Indonesia Vaccine.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Direktur PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengungkapkan bahwa Indonesia siap memproduksi vaksin untuk COVID-19 dalam negeri dengan nama Indovac atau Indonesia Vaccine. Nama tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Saat ini Bio Farma sedang mengembangkan vaksin Indovac dan kurang lebih sudah melibatkan 3.000 relawan. Hasilnya menurut Honesti menunjukkan tanda-tanda yang promising.

“Indovac ini berbasis rekombinan dan kami sudah bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, sudah hampir selesai prosesnya, dan sedang dalam registasi ke BPOM,” ujar Honesti Basyir dalam acara Ngopi BUMN, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, 22 Agustus 2022. 

Langkah ini merupakan wujud nyata dari Bio Farma selaku induk dari BUMN farmasi untuk memperkuat sektor kesehatan dalam negeri. 

Proses registrasi vaksin Indovac ini rencananya ditargetkan selesai pada awal atau pertengahan September 2022. 

“Ditargetkan awal atau pertengahan September, Indonesia sudah bisa memproduksi vaksin sendiri dengan nama Indovac. Saat ini sedang dalam proses mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM,” tambah Honesti Basyir. 

Honesti mengatakan adanya tantangan dalam mendistribusikan vaksin di Indonesia. Seperti suhu vaksin yang harus sama dari saat di antar hingga sampai ke penerima vaksin. 

Selain suhu vaksin juga, tantangan lain yaitu memastikan kualitasnya terjaga, menjamin keaslian produk dan juga tepat sasaran.