Nasional

Indonesia Travel dan Agoda Kolaborasi Sediakan Akomodasi Pariwisata

  • Indonesia Travel dan Agoda melakukan kerja sama dalam penyediaan akomodasi di desa wisata dan homestay untuk meningkatkan promosi pariwisata di pasar domestik dan mancanegara serta mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi.
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Indonesia Travel dan Agoda melakukan kerja sama dalam penyediaan akomodasi di desa wisata dan homestay untuk meningkatkan promosi pariwisata di pasar domestik dan mancanegara serta mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi.

Kerja sama platform wisata milik pemerintah dan platform pemesanan tiket perjalanan online ini ditujukan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di tanah air. Selain itu, juga untuk menciptakan lebih banyak kesempatan dan lapangan kerja yang lebih kompetitif, unggul, tangguh dan berkelanjutan.

"Kolaborasi dengan Agoda kami harapkan dapat meningkatkan kesadaran akan strategi kami dalam kerangka 'Wonderful Indonesia'' dan kampanye 'Welcome Back to Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan resminya, dikutip Jumat, 13 Mei 2022.

Sandiaga mengatakan Pandemi telah mengubah pola pandang dalam membuat perencanaan dan eksekusi program di tengah situasi yang sangat dinamis (volatility), penuh ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity).

"Karenanya kami mengadopsi strategi adaptasi, inovasi, dan kolaborasi sebagai upaya untuk bertahan, mampu bangkit kembali dan berkembang, serta merebut peluang yang ada seiring diberikannya relaksasi mobilitas masyarakat dalam perjalanan," ujar Sandiaga.

Hal serupa dikatakan Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani yang optimistis kerja sama ini dapat meningkatkan kesadaran wisatawan dunia akan keragaman dan keindahan Indonesia.

"Kemenparekraf berusaha semaksimal mungkin meningkatkan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif kembali ke era sebelum pandemi," ujar Giri.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Ni Wayan Giri Adnyani dengan Chief Executive Officer (CEO) Agoda John Brown secara virtual dan disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno.