PT Indonesian Paradise Property Tbk
Properti

Indonesian Paradise Property Targetkan Kenaikan Pendapatan 20 Persen di 2023

  • Pada tahun 2023, INPP berhasil menyelesaikan proyek Antasari Place pada Mei 2023.
Properti
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP), perusahaan yang bergerak di sektor komersial, perhotelan, dan penjualan properti, targetkan peningkatan pendapatan 20 persen di tahun 2023. 

Berdasarkan proyeksi Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ekonomi Indonesia diperkirakan akan tumbuh sekitar 5 persen pada tahun 2024, angka yang cukup tinggi dibandingkan negara-negara lain di Asia Pasifik. 

Pasca pandemi, konsumen diprediksi akan lebih fokus mengalokasikan pengeluaran untuk pariwisata dan perjalanan. Meskipun dihadapkan pada tantangan pemilu, bisnis ritel di Indonesia diprediksi akan tumbuh lebih kuat pada tahun 2024, dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (APRINDO) memproyeksikan pertumbuhan sekitar 4 hingga 4,3 persen. Faktor-faktor tersebutlah yang menunjukkan potensi pertumbuhan positif INPP pada tahun tersebut.

“Sejauh ini, tahun 2023 telah menjadi tahun yang sangat baik bagi kami, dengan peningkatan 42% dalam pendapatan berulang kami. Kami optimis melaporkan bahwa kami tetap on track dengan target 2023,” ujar Presiden Direktur INPP Anthony P Susilo dalam keterangan resmi pada Selasa, 12 Desember 2023.

Anthony menyebutkan pertumbuhan kuat yang dialami pada sembilan bulan pertama 2023 dapat dikaitkan dengan pemulihan yang kuat di sektor Perhotelan dan Komersial, terutama sebagian besar aset strategis kami yang terletak di Bali, yaitu tujuan utama wisatawan.

Selain itu, menurut Anthony, penjualan properti telah menunjukkan peningkatan tiga kali lipat yang kuat. 

“Ke depan, kami yakin bahwa prospek untuk kuartal IV 2023, khususnya selama musim liburan, akan terus positif dan berkontribusi pada peningkatan aktivitas perhotelan dan komersial,” tambah Anthony.

INPP telah menancapkan eksistensinya di Indonesia selama 21 tahun terakhir dengan menciptakan destinasi gaya hidup komersial, residensial, dan perhotelan yang ikonik, seperti Plaza Indonesia di Jakarta, beachwalk shopping center di Bali, dan 23 Paskal Shopping Center di Bandung. 

Pada tahun 2023, INPP berhasil menyelesaikan proyek Antasari Place pada Mei 2023, dengan jadwal serah terima dijadwalkan pada tahun 2024. Proyek Hyatt Place di Makassar, fokus pada sektor perhotelan, juga diperkirakan akan selesai pada kuartal IV 2023. 

Selain itu, beberapa proyek menarik lainnya sedang berlangsung, termasuk perluasan 23 Paskal Bandung dan proyek 23 Semarang, yang diharapkan selesai pada tahun 2025.

INPP memiliki keunikan dibandingkan pengembang lain karena kemampuannya dalam menghasilkan pendapatan berulang yang membuat perusahaan lebih fleksibel dalam merespons perubahan suku bunga serta fluktuasi lain yang biasanya menjadi momok bagi perusahaan pengembang.