Ilustrasi industri manufaktur
Industri

Industri ILMATE Tumbuh 12,16 persen

  • Pertumbuhan ini merupakan capaian konsistensi sektor ini dalam melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sejak kuartal I-2021.

Industri

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Perekonomian sebuah negara bergantung pada kinerja sektor industri yang beragam. Pada kuartal II tahun 2023, sektor Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) telah menunjukkan pertumbuhan signifikan, dengan peningkatan kinerja sebesar 12,16% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan ini merupakan capaian konsistensi sektor ini dalam melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sejak kuartal I-2021.

ILMATE tidak hanya  kelompok industri manufaktur biasa, tetapi juga memiliki peran penting dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB). Pada kuartal II-2023, sektor ini memberikan kontribusi sebesar 4,15 % terhadap PDB nasional, yang setara dengan 25,44% dari PDB industri non-migas. Angka ini memperlihatkan bahwa ILMATE memiliki pengaruh signifikan terhadap perekonomian negara.

Tidak hanya pertumbuhan secara keseluruhan, beberapa subsektor ILMATE mengalami pertumbuhan selama kuartal II-2023. Industri ILMATE mencatat pertumbuhan sebesar 17,32 %, Industri Logam juga mengalami kenaikan sebesar 11,4% , sementara Industri Alat Angkutan tumbuh sebesar 9,66%.

Peningkatan kinerja pada Industri ILMATE secara khusus dapat dikaitkann pada beberapa faktor penting. Permintaan yang meningkat terhadap komputer untuk tahun ajaran baru sekolah berkontribusi pada pertumbuhan ini. Begitu pula permintaan ekspor dari luar negeri terhadap produk tabung elektronik dan komponen elektronik lainnya juga turut mendukung pertumbuhan ini.

“Industri Barang dari Logam, Komputer, Barang Elektronik, Optik dan Peralatan Listrik tumbuh impresif di kuartal ini juga didukung oleh peningkatan ekspor di atas 100% pada komoditas Industri Barang dari Logam Bukan Aluminium Siap Pasang, serta Industri Tabung Elekron dan Kontektor Elektron,” ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, Yan Sibarang Tandiele di Jakarta dalam  siaran pers Selasa 29 Agustus 2023.

Sementara itu Industri Logam Dasar mampu bertahan di masa pandemi, bahkan mencatat pertumbuhan positif sejak kuartal I-2020. Pada kuartal II-2023. sektor ini mencatat lonjakan kinerja yang mencolok. Peningkatan ekspor komoditas baja dan ferro nikel menjadi faktor utama di balik pertumbuhan ini. 

Keberhasilan ILMATE dalam mencapai pertumbuhan yang kuat pada kuartal II tahun 2023 merupakan cerminan dari sinergi antara inovasi, permintaan pasar yang baik, serta upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk. Kontribusi signifikan terhadap PDB nasional membuktikan bahwa sektor ini merupakan pilar penting dalam perekonomian negara.

Untuk mempertahankan tren positif ini, penting bagi pemerintah dan para pemangku kepentingan terkait untuk terus mendorong investasi, inovasi, serta dukungan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan sektor ILMATE. Dengan demikian, Indonesia dapat tetap bersaing di pasar global dan menjaga kontribusi yang berkelanjutan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.