<p>Karyawan menghitung mata uang Rupiah di salah satu tempat penukaran uang atau Money Changer di kawasan Melawai, Jakarta, Senin, 9 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Finansial

Inflasi AS Diperkirakan Akan Stabil dalam Jangka Pendek, Rupiah Loyo Hari Ini

  • Menurut data perdagangan Bloomberg, Kamis, 7 September 2023, nilai kurs rupiah ditutup melemah 33 poin di posisi Rp15.327 per-dolar AS.

Finansial

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Nilai kurs rupiah ditutup loyo pada perdagangan hari ini karena inflasi Amerika Serikat (AS) yang diperkirakan akan tetap stabil dalam jangka pendek memicu kekhawatiran pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut dari The Federal Reserve (The Fed). 

Menurut data perdagangan Bloomberg, Kamis, 7 September 2023, nilai kurs rupiah ditutup melemah 33 poin di posisi Rp15.327 per-dolar AS. 

Pada perdagangan sebelumnya, Rabu, 6 September 2023, nilai kurs rupiah ditutup melemah 24 poin di level Rp14.294 per-dolar AS. 

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan nilai kurs rupiah melemah karena perekonomian AS yang resilien diperkirakan akan membuat inflasi tetap stabil. 

"Data yang dirilis pada hari Rabu (6 September 2023) menunjukkan bahwa aktivitas sektor jasa AS tumbuh lebih besar dari perkiraan pada Agustus dengan ukuran harga di sektor tersebut juga meningkat lebih lanjut," kata Ibrahim kepada wartawan, Kamis, 7 September 2023. 

Rabu kemarin, indeks layanan Institute for Supply Management (ISM) AS dilaporkan meningkat nyaris 2 poin menjadi 54,5 yang mana levelnya menunjukkan berlanjutnya ekspansi. 

Data tersebut dikatakan Ibrahim dapat memicu kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap stabil sehingga potensi The Fed untuk melanggengkan suku bunga tinggi pun semakin besar. 

"Yang menarik juga adalah pada hari ini, banyak pejabat The Fed yang akan berbicara pada konferensi fintech yang diselenggarakan oleh Phily Fed," lanjut Ibrahim. 

Menurut Ibrahim, untuk perdagangan besok, Jumat, 8 September 2023, nilai kurs rupiah ditutup melemah di rentang Rp15.310-Rp15.380 per-dolar AS.