Uang
Gaya Hidup

Inflasi Bikin Khawatir? Ini Cara Mengelola Keuangan untuk Tagihan Rumah Tangga Meningkat

  • Inilah cara menghadapi inflasi di saat kebutuhan rumah tangga meningkat.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Inflasi tentu merugikan semua orang, apalagi bagi para orang tua yang memiliki kebutuhan lebih banyak yaitu untuk tagihan sehari-hari dan kebutuhan untuk anak.

Kebutuhan untuk membesarkan anak tentu tidak murah, tapi gelombang inflasi dapat menaikkan biaya dan menjadikan tagihan sehari-hari terasa lebih mahal.

Berikut beberapa cara mengelola keuangan untuk kebutuhan rumah tangga saat harus menghadapi inflasi.

Memotong Biaya Makanan

Salah satu cara untuk menghadapi inflasi adalah dengan menekan biaya makanan. Bukan berarti bahwa Anda memilih mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, tapi pilihlah dan beli secara cermat.

Hindari membeli bahan makanan dalam jumlah yang besar meski pembelian dalam jumlah besar tampaknya akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapat harga yang lebih murah. Alih-alih menghemat uang, hal tersebut justru akan menyebabkan pemborosan makanan atau makan terlalu banyak.

Oleh karena itu, sebelum Anda berbelanja bahan makanan, sebaiknya periksalah dulu isi kulkas atau tempat penyimpanan makanan Anda. Catat masakan apa yang akan Anda buat serta bahan makanan yang dibutuhkan. 

Kurangi Biaya BBM

Anda dapat menekan tagihan biaya bahan bakar atau bensin dengan mencari rute yang paling cepat dan dekat untuk menuju ke tempat tujuan Anda. Selain itu, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik agar mesin dapat menggunakan bahan bakar secara efisien.

Menurunkan Tagihan Listrik

Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk menekan biaya rumah tangga. Jika selama ini Anda menggunakan AC, Anda bisa mencoba menggantinya dengan menggunakan kipas angin atau membuka jendela.

Selain itu, pengeluaran lain yang mungkin dialami oleh para orang tua adalah hal hiburan anak. Anda bisa mencoba mengkomunikasikan hal tersebut kepada anak dan mengganti hiburan dengan yang lebih terjangkau, seperti bersepeda santai, berolahraga di taman, dan sebagainya.

Itu tadi cara menghadapi inflasi di saat kebutuhan rumah tangga meningkat. Selamat mencoba.