Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memberikan keterangan kepada media mengenai dana alokasi umum (DAU) usai menghadiri rapat paripurna di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Insight Langit Biru

Inflasi Hampir 4 Persen Hingga Pembatalan Gorden Rp43,5 Miliar di Rumah Dinas DPR, Inilah 9 Isu Trending Hari Ini 20 Mei 2022

  • Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Jumat 20 Mei 2021. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.
Insight Langit Biru
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Jumat 20 Mei 2021. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online dan media sosial.

1. Inflasi Indonesia Bakal Dekati 4 Persen, Ekonomi Tertekan

Menkeu Sri Mulyani Indrawati memproyeksi tingkat inflasi RI sepanjang tahun 2022 cenderung mendekati 4 persen. Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas dan geopolitik di dunia.

Sri Mulyani menyatakan tingkat inflasi tersebut melonjak dari asumsi dalam APBN 2022 sebesar 3 persen plus minus 1 persen. Hal ini lebih besar dari realisasi inflasi tahun 2021 di bawah 2 persen.

Bendahara negara tersebut menuturkan, tingginya inflasi dan kenaikan suku bunga akan menahan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

2. Wapres Ma'ruf Amin Tekankan Indonesia Harus Lakukan Transformasi Ekonomi Inklusif

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menekankan Indonesia harus memulai transformasi ekonomi ekstraktif menuju ekonomi inklusif yang mengedepankan partisipasi, inovasi, dan juga ekologi.

Wapres mengatakan, kebijakan hilirisasi sektor pertambangan yang menjadi fokus pemerintah bertujuan mengintegrasikan sektor pertambangan dari hulu ke hilir.

Diharapkan, sektor tersebut memberikan nilai tambah yang maksimal dan kemanfaatan yang lebih besar bagi kemakmuran rakyat. Untuk itulah, Indonesia menurutnya perlu memulai transformasi ekonomi ekstraktif menuju ekonomi inklusif.

3. BNI Resmi jadi Pengendali Bank Mayora (MYOR)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) telah menyelesaikan pengambilalihan atas 1.198.229.838 lembar saham PT Bank Mayora pada Rabu, 18 Mei 2022. Jumlah saham itu mewakili 63,92% dari keseluruhan jumlah saham Bank Mayora.

Sekretaris Perusahaan Bank Negara Indonesia Mucharom mengatakan bahwa dengan persentase kepemilikan saham tersebut, perseroan menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora. Sedangkan, Negara Republik Indonesia selaku calon penerima manfaat akhir (ultimate shareholder).

Dalam ringkasan rancangan pengambilalihan Bank Mayora yang diterbitkan Sabtu, 22 Januari 2022, dijelaskan bahwa saat ini BNI tengah melaksanakan program transformasi yang salah satu inisiasinya adalah memperkuat kapabilitas digital.

4. BSI Bakal Rights Issue Rp 5 Triliun pada Kuartal III 2022

PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI akan melakukan aksi korporasi untuk penambahan modal melalui mekanisme rights issue dengan nilai Rp5 triliun pada kuartal III 2022.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo yang akrab disapa Tiko menuturkan, ada beberapa faktor pendorong di balik aksi korporasi tersebut.

BSI akan didorong meningkatkan pangsa pasar di perbankan syariah dari 7 persen menjadi setidaknya 10 persen. BSI pun perlu memperluas jaringan sehingga jangkauan bisnisnya lebih luas dan menjadi bank syariah yang universal.

5. Saham Sritex (SRIL) Terancam Didepak dari BEI

Saham PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex terancam didepak alias delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan pengumuman yang dirilis di BEI, Kamis, 19 Mei 2022, saham Sritex telah disuspensi di seluruh pasar selama 12 bulan dan masa suspensi akan mencapai 24 bulan pada 18 Mei 2023.

6. Pasca Merger, Pelindo Tunda Rencana IPO Anak Usaha

Bergabungnya Pelindo I-4 menyebabkan BUMN yang satu ini memiliki dana besar. Alhasil, rencanamelakukan Initial Public Offering (IPO) anak usaha ditunda.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menjelaskan IPO akan dilakukan, bila perusahaan memiliki rencana bisnis yang membutuhkan anggaran dengan nilai jumbo.

Sebelumnya pada Mei 2021 lalu, Arif mengungkapkan masing-masing subholding Pelindo memiliki rencana go publik di pasar modal.

7. Panitia Penyelenggara Harap BUMN Sponsori Formula E

Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni berharap badan usaha milik negara (BUMN) menjadi sponsor ajang balap mobil listrik itu. Sebab hingga saat ini belum ada perusahaan pelat merah yang masuk daftar sponsor Formula E.

Sahroni mengaku telah mengirimkan proposal kerja sama kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Proposal itu disampaikan selepas Presiden Joko Widodo (Jokwi) meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Kendati demikian, proposal itu belum direspons oleh Erick. Ia juga berharap BUMN menjadi sponsor mutlak. Mengingat, ajang balap mobil listrik tersebut menjadi atensi dunia.

8. Cacar Monyet Semakin Menyebar di Eropa dan Amerika

Virus monkeypox atau cacar monyet semakin menyebar. Otoritas kesehatan di Amerika Utara dan Eropa mendeteksi puluhan kasus yang diduga atau terkonfirmasi cacar monyet sejak awal Mei lalu.

Terbaru, Kanada menjadi negara terbaru yang melaporkan sedang menyelidiki lebih dari selusin kasus yang diduga cacar monyet.

Sebelumnya,  Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus yang mungkin dan terverifikasi. Inggris mengonfirmasi sembilan kasus sejak 6 Mei.

9. Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR Rp 43,5 M Dibatalkan

Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR memutuskan tidak melanjutkan proyek gorden rumah jabatan anggota (RJA) DPR yang mencapai Rp 43,5 miliar.

Senada, Wakil Ketua BURT Johan Budi menegaskan proyek gorden rumah dinas anggota DPR itu dibatalkan.