<p>Ilustrasi: Pemberlakuan tarif baru di ruas tol SS Tomang-tangerang-Cikupa/Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Infrastruktur Jalan di Jawa dan Sumatera Siap Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

  • JAKARTA – Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Jawa dan Sumatera telah siap sepenuhnya. Kesiapan ini ditopang oleh beroperasinya sejumlah ruas jalan tol dan jalan nasional baru di kedua pulau tersebut. Tambahan operasional tol termasuk Tol Trans Jawa dengan ruas Jakarta-Cikampek […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Jelang liburan Natal dan Tahun Baru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan di Pulau Jawa dan Sumatera telah siap sepenuhnya.

Kesiapan ini ditopang oleh beroperasinya sejumlah ruas jalan tol dan jalan nasional baru di kedua pulau tersebut. Tambahan operasional tol termasuk Tol Trans Jawa dengan ruas Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated sepanjang 36 km.

“Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area sebanyak 99 TIP dengan rincian 55 TIP A, 36 TIP B, dan 8 TIP C,” kata Wamen PUPR,  Wempi  Wetipo dalam keterangan resmi, Kamis, 26 November 2020.

Total ruas jalan nasional yang siap digunakan adalah sepanjang 12,986 km. Terdiri dari jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 5.068 dan jalan nasional di Sumatera sepanjang 7.918 km.

Hingga akhir tahun, Wempi menyatakan terdapat enam ruas tol di Pulau Jawa sepanjang 71,8 km yang siap diresmikan. Selanjutnya di Pulau Sumatera juga terdapat 2 ruas tol siap diresmikan pada akhir 2020 sepanjang 12,5 km.

Selain itu, terdapat 644 km ruas tol yang telah beroperasi di Pulau Sumatera. Di mana jalan Tol Trans Sumatera tersebut dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) berjumlah 41 TIP (25 TIP A, 8 TIP B, dan 8 TIP C).

Kesiapan di Luar Pulau Jawa

Selain itu, telah dioperasikan 4 ruas tol di Pulau Kalimantan dan Sulawesi, yakni Balikpapan – Samarinda Seksi 2 – 4 (Samboja – Samarinda) 66 km.

Manado – Bitung Seksi 1 – 2A (Airmadidi – Danowudu) 26 km, Ujung Pandang/Makassar Seksi 1 & 2 sepanjang 10,08 km. Seksi 4 sepanjang 11,6 km.

Tak ketinggalan telah beroperasi ruas Tol Bali – Mandara sepanjang 10,07 km.
Di seluruh ruas jalan tol tersebut, akan disediakan mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi.

Selain itu disiapkan juga 37 Toilet Cabin, 26 unit Mobil Tangki Air, 10 Bis Toilet, 20 unit vacum tinja. 34 Hidran Umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional.

“Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, kami siagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana,” ujarnya.