Ilustrasi hari pencoblosan saat Pemilu 2024.
Nasional

Ingat, Hari Ini Suara Anda Menentukan Masa Depan

  • Rakyat Indonesia mulai memberikan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 di daerah-daerah di seluruh nusantara dalam pemilihan yang dipimpin oleh perlombaan untuk menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang pengaruhnya dapat menentukan siapa yang memimpin demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Rakyat Indonesia mulai memberikan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 di daerah-daerah di seluruh nusantara dalam pemilihan yang dipimpin oleh perlombaan untuk menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang pengaruhnya dapat menentukan siapa yang memimpin demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Hampir 259.000 kandidat memperebutkan 20.600 jabatan di seluruh kepulauan yang terdiri dari 17.000 pulau dalam pemilihan satu hari terbesar di dunia, tetapi semua mata tertuju pada presiden dan nasib agenda ambisius Jokowi setelah satu dekade bertanggung jawab atas ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Perlombaan tersebut mempertemukan dua mantan gubernur, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, melawan pelopor kontroversial Prabowo Subianto, mantan komandan pasukan khusus yang ditakuti pada 1990-an sebagai letnan tinggi mendiang penguasa kuat Indonesia Suharto.

Menteri Pertahanan Prabowo memperebutkan pemilihan ketiganya setelah dua kali kalah dari Jokowi, yang secara diam-diam mendukung dan bertaruh pada mantan saingannya sebagai kandidat berkelanjutan untuk melestarikan warisannya, termasuk peran putranya sebagai calon wakil presiden Prabowo.

Dilansir dari Reuters, pada Rabu, 14 Februari 2024, Jokowi, yang tidak bisa mencalonkan diri lagi, tidak secara eksplisit mendukung calon tertentu, tetapi dukungannya yang tersirat mempengaruhi Prabowo, dengan dua survei minggu lalu memproyeksikan ia akan memenangkan sebagian besar suara dan menghindari putaran kedua.

Survei-survei tersebut menunjukkan Prabowo dengan dukungan 51,8% dan 51,9%, dengan Anies dan Ganjar masing-masing tertinggal 27 dan 31 poin. Untuk menang secara langsung, seorang kandidat membutuhkan lebih dari 50% suara dan harus memperoleh 20% suara di setengah provinsi di negara ini.

“Jokowi sebagai faktor penentu telah dibuktikan dengan meningkatnya popularitas Prabowo,” ujar Arya Fernandes dari Pusat Studi Strategis dan Internasional Indonesia, mencatat jumlah pemilih akan sangat penting untuk menentukan apakah dia bisa menang dalam satu putaran.

Pemilih memiliki waktu enam jam untuk memberikan suara. Indonesia memiliki tiga zona waktu dan TPS di timur telah dibuka dengan pemungutan suara di wilayah barat akan ditutup pada pukul 06.00 GMT.

Pemungutan suara dijadwalkan dimulai di Jakarta, meskipun setelah badai petir besar, ada laporan banjir di beberapa bagian ibu kota. Di salah satu TPS Jakarta pusat, pembukaan ditunda karena pengiriman kotak dan pejabat dilantik.

Tingkat keterlambatannya tidak jelas, tetapi badan penanggulangan bencana Jakarta membagikan foto-foto tempat pemungutan suara yang terendam banjir saat para pejabat memindahkan materi pemungutan suara ke lokasi yang lebih aman.

Sebelumnya, KPU mengatakan pemungutan suara bisa ditunda di 10 desa di Jawa Tengah akibat banjir.

Indikasi awal dari hasil tersebut diperkirakan akan muncul pada Rabu, berdasarkan sampel suara yang dikenal sebagai penghitungan cepat. Dalam pemilihan sebelumnya, penghitungan tidak resmi yang ditabulasikan oleh perusahaan terkemuka terbukti akurat.

Gerakan Tarian yang Canggung

Investor akan memperhatikan hasilnya dengan cermat untuk melihat siapa yang akan mengambil tanggung jawab atas ekonomi G20 yang kaya sumber daya ini, yang di bawah kepemimpinan Jokowi telah menjadikan dirinya sebagai tujuan masa depan bagi perusahaan multinasional dalam rantai pasok mobil listrik global.

Para pemilih yang belum memutuskan pilihannya akan sangat penting bagi mantan gubernur Jakarta Anies dan mantan gubernur Jawa Tengah yang populer, Ganjar, untuk mencoba memaksa adanya putaran kedua pada bulan Juni antara dua kandidat teratas, sebuah skenario yang bisa mengubah dinamika perlombaan presiden.

“Saya mengundang semua orang untuk pergi ke tempat pemungutan suara. Mari kita jangan sia-siakan hak pilih kita karena hal ini akan menentukan masa depan kita,” kata Anies sebelum dia memberikan suaranya pada hari Rabu.

Anies telah berkampanye dengan janji perubahan dan mencegah kemunduran dalam reformasi demokratis yang dicapai dalam 25 tahun sejak berakhirnya pemerintahan otoriter dan kleptokratik Suharto.

Ganjar berasal dari partai pemerintah Jokowi dan sebagian besar berkampanye untuk melanjutkan kebijakan presiden, tetapi yang penting adalah kurangnya dukungannya.

Prabowo yang berusia 72 tahun telah mendapat banyak pengikut muda di media sosial, berkat perubahan citra yang telah mengubah gambarnya dari seorang nasionalis yang penuh semangat dan mantan militer yang keras menjadi sosok kakek yang ramah dengan gerakan tarian yang canggung.

Pemaknaan karakter Prabowo yang lebih lembut, yang sebagian besar dilakukan di aplikasi video pendek TikTok, telah membuatnya disenangi oleh pemilih di bawah 40 tahun, yang membentuk lebih dari separuh dari 204,8 juta pemilih.

Namun, dukungan tersirat Jokowi untuk Prabowo, ditambah dengan tuduhan bahwa dia ikut campur dalam keputusan pengadilan untuk memungkinkan putranya mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden, telah menimbulkan kritik bahwa, berbeda dengan presiden sebelumnya, dia tidak netral dalam suksesi kekuasaannya.

Pendukung setia Jokowi menolak klaim itu dan tidak jelas apakah tuduhan tersebut akan berdampak pada Prabowo.