<p>Warga beraktivitas dengan menggunakan masker di kawasan Thamrin, Jakarta, Jum&#8217;at, 11 September 2020. Menurut Epidemiolog asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman Jakarta sudah mulai memasuki puncak pandemi virus corona dimana puncak Covid-19 di Jakarta bakal terjadi pada akhir bulan ini hingga pertengahan Oktober 2020 mendatang. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Dunia

Inggris Akan Mulai Longgarkan Peraturan COVID-19

  • Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengumumkan regulasi mengenai COVID-19 di Inggris akan dilonggarkan mulai Kamis depan.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

LONDON - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengumumkan regulasi mengenai COVID-19 di Inggris akan dilonggarkan mulai Kamis depan.

Peraturan penggunaan masker dan dokumen COVID-19 akan dihilangkan, termasuk peraturan bekerja dari rumah atau WFH, seperti dikutip oleh TrenAsia.com dari BBC pada 21 Januari 2022.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengumumkan bahwa pelonggaran itu karena penyebaran booster yang sudah berjalan dan kepatuhan warga Inggris. Ia menambahkan bahwa ilmuwan dari Parlemen Inggris percaya bahwa mereka telah melewati puncak gelombang varian Omicron.

Puncak gelombang Omicron yang terjadi di Inggris adalah sekitar 2.000 orang dirawat di rumah sakit dalam sehari. Fakta ini menjadi dasar pemerintah dan ilmuwan di Inggris dapat merasa percaya diri untuk meringankan peraturan secara perlahan.

“Ini adalah momen yang dapat kita banggakan. Ini adalah pengingat tentang apa yang bisa kita capai ketika kita semua bekerja sama,” ujar Sekretaris Kesehatan Sajid Javid dalam konferensi pers.

Ia mendesak orang-orang untuk tetap menjalankan langkah pencegahan, termasuk mencuci tangan dan isolasi mandiri jika terjangkit. Ia juga meminta mereka yang belum vaksinasi untuk menerima suntikan.

Pernyataan oleh anggota parlemen menyebutkan bahwa masker masih menjadi anjuran, walaupun sudah tidak diwajibkan. Ia juga mengingatkan bahwa peringanan ini bukan berarti pandemi COVID-19 telah usai.

Boris menambahkan bahwa pelonggaran regulasi dan pembatasan perjalanan di Inggris akan menyusul. 

Selanjutnya, pemerintah Inggris akan mempersiapkan rencana jangka panjang bagi warganya untuk hidup berdampingan dengan virus corona.