Dunia

Inggris Kini Akui Gurita Kini sebagai Hewan yang Punya Perasaan

  • LONDON – Menurut pemerintah Inggris, gurita, kepiting, dan lobster adalah makhluk hidup yang memiliki perasaan. Menurut tinjauan indpenden di Inggris, disimpulk
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

LONDON – Pemerintah Inggris, bakal menjadikan gurita, kepiting, dan lobster sebagai makhluk hidup yang memiliki perasaan. Menurut tinjauan indpenden di Inggris, disimpulkan bahwa hewan-hewan tersebut memiliki kemampuan untuk merasakan sakit dan kesusahan.

Sampai sekarang, decapod crustacea, termasuk kepiting, lobster, udang karang, dan udang – dan chepalopod – cumi-cumi, gurita, dan sotong – tidak diakui sebagai mahluk hidup di bawah RUU Kesejahteraan Hewan di Inggris. 

Tetapi, pemerintah berencana untuk memperluas cakupan undang-undang yang diusulkan setelah tinjauan independent yang dilakukan oleh London School of Economics, yang menemukan “bukti ilmiah yang kuat” bahwa hewan-hewan itu hidup, dengan kemampuan untuk merasakan kesakitan.

Dr. Jonathan Birch, profesor di LSE’s Centre for Philosophy of Natural and Social Science dan peneliti utama dalam laporan itu mengatakan, “Setelah meninjau lebih dari 300 studi ilmiah, kami menyimpulkan bahwa cephalopod mollusc dan decapod crustacea harus dianggap sebagai makhluk hidup sebenarnya, dan harus dimasukkan dalam ruang lingkup kesejahteraan hewan. 

“Amandemen tersebut juga akan membantu menghilangkan inkonsistensi utama yaitu gurita dan cephalopod lainnya telah dilindungi dalam ilmu pengetahuan selama bertahun-tahun, tetapi belum menerima perlindungan di luarnya sejauh ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan Inggris demi kesejahteraan hewan adalah dengan melindungi hewan-hewan invertebrate ini yang sering diabaikan oleh manusia.”

Tinjauan oleh LSE juga menentang beberapa praktik komersial saat ini, termasuk memotong, menjualnya hidup-hidup pada orang yang tidak terlatih dan non-ahli, metode pembunuhan ekstrem seperti merebus hidup-hidup, dan lainnya. 

Nephrophs (juga dikenal sebagai langoustine atau lobster Norwegia) dan kepiting termasuk di antara spesies yang paling sering ditangkap pada 2019 oleh pekerja perikanan di Inggris, menurut angka resmi.

Menteri Kesejahteraan Hewan Inggris, Lord Zac Goldsmith mengatakan, “RUU Kesejahteraan Hewan memberikan jaminan penting bahwa kesejahteraan hewan diperhitungkan dengan tepat ketika mengembangkan undang-undang baru itu. Ilmu pengetahuan sudah menjelaskan bahwa decapod dan cephalopod dapat merasakan sakit dan oleh karena itu sangat tepat rasanya untuk melindungi mereka dengan undang-undang penting ini.”