<p>Keramaian di India / Sumber: Bloomberg</p>
Dunia

Inggris Klaim Dua Dosis Vaksin Efektif Lawan Varian COVID-19 dari India

  • Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan, dosis ganda vaksin COVID-19 hampir efektif melawan varian baru virus COVID-19 dari India.

Dunia
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

LONDON – Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengatakan, dosis ganda vaksin COVID-19 hampir efektif melawan varian baru virus COVID-19 dari India.

Bukti tersebut lantas menyulutkan optimisme pemerintah Inggris untuk melonggarkan banyak pembatasan aktivitas masyarakat pada bulan depan.

Seperti diberitakan Reuters, Minggu 23 Mei 2021, sebuah studi dari Public Health England menemukan vaksin Pfizer-BioNTech 88% efektif melawan penyakit simptomatik dari varian B.1.617.2 dua minggu setelah dosis kedua.

Hasil tersebut dibandingkan dengan efektivitas 93% melawan strain B.1.1.7 Kent alias varian COVID-19 yang mendominasi di Inggris. Sementara, dua dosis vaksin AstraZeneca 60% efektif melawan penyakit simptomatik dari varian India dibandingkan dengan efektivitas 66% terhadap varian Kent.

“Saya semakin yakin bahwa kami berada di jalur yang tepat karena data ini dua dosis vaksin bekerja sama efektifnya melawan varian India,” katanya.

Sejauh ini, Inggris menjadi negara dengan program vaksinasi tercepat di Eropa. Tetapi Inggris menghadapi tantangan baru dari penyebaran varian dari India.

Data yang diterbitkan pada (22/05) menunjukkan kasus COVID-19 baru di Inggris naik 10,5% dalam tujuh hari. Meskipun, tetap lebih rendah dari tren awal tahun ini. (RCS)