Screenshot_4.png
Dunia

Inggris Teken Kesepakatan Dagang dengan Gubernur Florida

  • Inggris sepakat meningkatkan perdagangan dan investasi dengan negara bagian terbesar keempat di Amerika Serikat itu.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Sekretaris Bisnis dan Perdagangan Inggris Kemi Badenoch menandatangani nota kesepahaman dengan Gubernur Florida Ron DeSantis pada Selasa, 14 November 2023. Inggris sepakat meningkatkan perdagangan dan investasi dengan negara bagian terbesar keempat di Amerika Serikat itu.

Inggris juga membuat kemajuan dalam pembicaraan dengan pemerintah federal AS tentang perjanjian perdagangan yang lebih luas. Badenoch telah melakukan pembicaraan yang positif dengan Perwakilan Perdagangan AS, Katherine Tai, dalam pertemuan Grup Tujuh (G7) baru-baru ini terkait kesepakatan yang lebih luas. 

Dia juga mengungkapkan bahwa sejumlah hambatan telah diselesaikan. “Kami memiliki target untuk segera menyelesaikannya. Bagian terakhir seringkali menjadi bagian yang paling sulit. Namun semuanya berjalan dengan baik,” ujarnya, dilansir dari Reuters, Rabu, 15 November 2023. 

Pada bulan Juni, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden AS Joe Biden mengumumkan Deklarasi Atlantik, rencana aksi untuk memperdalam hubungan ekonomi, teknologi, dan perdagangan, serta memperluas perdagangan dari level saat ini sebesar 310 miliar pound (US$380 miliar).

Namun, Kesepakatan Perdagangan Bebas (FTA) yang diharapkan Inggris di bawah mantan Presiden Donald Trump tetap menjadi prospek yang jauh, dengan Biden menunda semua pembicaraan semacam itu setelah menjabat pada tahun 2021.

Pakta perdagangan Inggris-Florida dirancang untuk mempermudah, mempercepat, dan lebih murah bagi perusahaan satu sama lain untuk melakukan bisnis, dengan fokus pada ruang, teknologi keuangan, kecerdasan buatan, dan layanan hukum, serta rantai pasokan dan logistik.

DeSantis bertemu Badenoch selama kunjungan April ke London sebagai bagian dari tur internasional, sebelum ia mengumumkan niatnya untuk menantang Trump dalam pencalonan presiden dari Partai Republik dalam pemilihan November 2024. Jajak pendapat menunjukkan Trump sebagai pelopor yang jelas untuk pencalonan tersebut.

Perdagangan antara Inggris dan Florida sudah bernilai lebih dari 5 miliar pound (US$6,14 miliar) setahun. Florida mengatakan perusahaan-perusahaan Inggris menyumbang lebih dari 70.000 pekerjaan di negara bagian itu, menjadikan Inggris sebagai investor asing teratas, dengan total kepemilikan diperkirakan mencapai US$18 miliar.

Inggris telah menandatangani pakta serupa dengan enam negara bagian lain dan sedang bernegosiasi dengan Texas, Kalifornia, Colorado, dan Illinois. Badenoch akan bertemu dengan Gubernur Kalifornia, Gavin Newsom, pada Rabu untuk membahas nota kesepahaman tersebut.

“Florida adalah ekonomi utama dalam dirinya sendiri, dengan PDB yang lebih besar daripada kebanyakan negara Eropa,” kata Badenoch.

“Mulai dari meluncurkan satelit hingga mengembangkan perangkat lunak fintech terbaru, perusahaan teknologi tinggi terkemuka Florida menawarkan peluang besar bagi sektor teknologi Inggris yang berkembang pesat.”