Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt
Dunia

Inggris Umumkan Kenaikan Upah Pekerja, Tolak Pemotongan Pajak

  • Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt bakal mengumumkan kenaikan upah minimum dalam pidato tahunannya di konferensi partai Konservatif, Senin 2 Oktober 2023. Di sisi lain, Hunt diperkirakan akan mengabaikan desakan yang semakin meningkat untuk pemotongan pajak.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt bakal mengumumkan kenaikan upah minimum dalam pidato tahunannya di konferensi partai Konservatif, Senin 2 Oktober 2023. Di sisi lain, Hunt diperkirakan akan mengabaikan desakan yang semakin meningkat untuk pemotongan pajak.

Dilansir dari Reuters, Senin, kutipan pidato yang dirilis partai tersebut tidak mengandung referensi apa pun mengenai pajak setelah anggota parlemen Konservatif dan bahkan Menteri Senior Michael Gove telah meminta pemotongan pajak menjelang pemilihan yang diharapkan akan berlangsung tahun depan.

Pada hari Sabtu, Hunt menolak pemotongan pajak dalam waktu dekat menjelang pernyataan fiskal pertengahan tahun yang dijadwalkan pada 22 November. Dia mendukung tujuan Perdana Menteri Rishi Sunak untuk mengurangi inflasi menjadi setengahnya, bukan menurunkan pajak tahun ini.

Sementara itu, penghasilan mingguan rata-rata telah meningkat tajam bagi pekerja di berbagai sektor, yang merupakan kekhawatiran terbesar Bank of England mengenai tekanan inflasi.

Pada hari Senin, Hunt akan mengumumkan bahwa upah minimum, yaitu upah minimum bagi pekerja berusia di atas 23 tahun, akan naik setidaknya menjadi 11 pound (US$13,42) per jam dari 10,42 pound.

“Kami sedang menunggu Komisi Upah Rendah untuk mengonfirmasi rekomendasinya untuk tahun depan. Namun, saya konfirmasikan hari ini, apa pun rekomendasi tersebut, kami akan meningkatkannya tahun depan menjadi setidaknya 11 pound per jam,” kata Hunt.

Dia juga akan mengumumkan sebuah tinjauan yang bertujuan untuk memperketat sistem sanksi tunjangan. Sebelum pidato Hunt, mantan Perdana Menteri Liz Truss akan memberikan tekanan kepada pemerintah untuk menurunkan pajak dalam intervensi yang diharapkan menjadi satu-satunya di konferensi tahun ini.

Setahun yang lalu saat menjadi perdana menteri, dia harus mengurangi rencananya untuk pemotongan pajak dalam perubahan arah di konferensi, dan ketidakstabilan pasar yang dia ciptakan memaksa dia mengundurkan diri pada bulan Oktober.

Namun, sejak saat itu, dia tetap pada pesannya bahwa pemotongan pajak, terutama untuk bisnis, adalah bagian dari apa yang dibutuhkan oleh Britania Raya untuk memacu pertumbuhan.