<p>Sumber: Istimewa</p>
Fintech

Ingin Bisnis Berkembang? Daftar OVO Merchant Sekarang

  • Ada banyak metode pembayaran digital yang memudahkan bertransaksi, salah satunya OVO

Fintech
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Ada banyak metode pembayaran digital yang memudahkan bertransaksi, salah satunya OVO. Ada baiknya penjual mencari tahu cara daftar merchant OVO.

Pada era teknologi, ada banyak metode pembayaran digital yang memudahkan para pembeli dan penjual dalam bertransaksi, salah satunya OVO. Untuk menunjang perkembangan bisnis, ada baiknya penjual mencari tahu cara menjadi merchant OVO.

Aplikasi OVO merupakan aplikasi fintech yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Saat ini, OVO bahkan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di smartphone. Ada banyak manfaat yang didapatkan pengguna OVO, baik itu pembeli maupun penjual.

Melalui OVO, kamu bisa melakukan pembayaran secara daring alias cashless. Di samping itu, OVO juga menawarkan beragam promosi seperti cashback dan diskon di berbagai merchant yang bekerja sama dengannya.

Keuntungan Menjadi Merchant OVO

Ada banyak keuntungan penjual yang bergabung menjadi merchant OVO. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Transfer Pendapatan Bisa Dilakukan Setiap Hari

Sudah jadi hal klasik bahwa para pebisnis mengkhawatirkan durasi proses transfer pendapatan jika menggunakan layanan dompet digital. Tapi itu tidak berlaku kok untuk OVO.

Sebab, pendapatan dari pembayaran yang diperoleh dari OVO bisa langsung ditransfer tiap hari tanpa biaya administrasi.

Bagi pemilik bisnis yang membutuhkan perputaran uang cepat, tentunya akan sangat membantu bisnisnya.

  1. Pelayanan jadi Mudah

Para merchant OVO juga jangan khawatir soal pelayanan yang diberikan OVO, sebab dengan transaksi super gesit dari OVO, semua pesanan yang datang juga dapat terselesaikan dengan cepat.

Salah satu keuntungan transaksi digital adalah pembeli bisa melakukan transaksi dengan nominal yang pas. Jadi sebagai penjual, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan uang kembalian.

Ditambah lagi, transaksi yang disediakan oleh OVO juga tidak memiliki minimal nominal pembayaran, alias transaksi nominal Rp1 pun juga bisa.

  1. Mengelola Keuangan jadi Lebih Mudah

Masalah yang sering dihadapi para pemilik bisnis salah satunya adalah pengelolaan keuangan.

Lewat transaksi digital yang disediakan OVO, setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis. Sehingga, kamu hanya perlu membuka riwayat penjualan untuk melakukan pembukuan.

Cara Menjadi Merchant OVO

Ada dua langkah yang bisa dilakukan jika kamu ingin menjadi merchant OVO. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Mendatangi kantor cabang OVO untuk melakukan pendaftaran melalui sales officer dari OVO; dan
  2. Mendaftar secara online. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Menyiapkan identitas pemilik usaha seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email;
b.Menyiapkan identitas usaha seperti nama toko, bidang usaha, jenis usaha, dan alamat lengkap toko termasuk kota dan kode pos;
c. Menyiapkan proposal pengajuan kerjasama di dalam format PDF;
Menyiapkan bukti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP);
d. Kemudian mengirimkan seluruh persyaratan di atas lewat email ke merchant.support@ovo.id;
e. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu data yang kamu kirim diverifikasi oleh OVO.

Sebelum mengirim persyaratan, pastikan bahwa data yang kamu kirim tersebut sudah benar agar pihak OVO juga dapat memverifikasinya secepat mungkin. Biasanya, proses pendaftaran akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu.

Hal ini disebabkan pihak OVO harus memilih dari sekian banyak merchant yang ingin mendaftar. Belum lagi, pihak OVO mesti memverifikasi satu demi satu data yang dikirim agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah pendaftaran disetujui oleh OVO, kamu akan secepatnya mendapat email yang berisi QR Code yang bisa discan dan ditempel di toko atau gerai milikmu.

Apabila kamu telah mendapatkan email tersebut, maka artinya pendaftaran toko kamu telah disetujui. Tapi, apabila kamu tidak mendapatkan persetujuan dari email, maka bisa saja bisnis kamu belum berhasil atau diterima menjadi mitra OVO. (RCS)