Photo by Alexander Mils: https://www.pexels.com/photo/person-holding-100-us-dollar-banknotes-2068975/
Gaya Hidup

Ingin Cepat Kaya? Coba Gaya Hidup Frugal Living

  • Gaya hidup frugal living mulai sering dibicarakan semenjak pandemi COVID-19 melanda.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Belanja impulsif biasa dilakukan demi mengikuti tren fashion, kendaraan, hingga gadget terbaru. Belum lagi tuntutan media sosial untuk mengunggah foto yang terlihat estetik, memaksa pergi ke kafe di akhir minggu hingga jalan-jalan keluar kota. Pos-pos pengeluaran rasanya tidak ada habisnya.

Baru saja tanggal gajian, tapi gaji sebulan langsung ludes hanya dalam beberapa hari untuk membayar cicilan, tagihan, hingga self-reward untuk senang-senang. Apakah ini terjadi pada Anda juga? 

Jika ya, mungkin saatnya Anda mencoba gaya hidup frugal living.

Gaya hidup frugal living mulai sering dibicarakan semenjak pandemi COVID-19 melanda. Bisnis yang surut dan pemutusan hubungan kerja (PHK) mengakibatkan orang kehilangan perkerjaan. Akhirnya, masyarakat mulai memikirkan ulang cara mereka mengatur pengeluaran. 

Jadi apa sih sebenarnya frugal living itu? Dilihat dari kata pembentuknya, frugal artinya hemat dan living artinya kehidupan. Frugal living singkatnya adalah gaya hidup hemat dengan menekan pengeluaran untuk mencapai tujuan keuangan. 

Namun, bukan berarti Anda menjadi pelit dengan diri sendiri. Frugal living artinya Anda haruslah memiliki kesadaran penuh dalam mengeluarkan uang dan hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang benar-benar penting di hidup Anda.  

Lalu bagaimana langkah sederhana untuk Anda mengadopsi gaya hidup frugal living?

Tetapkan Tujuan Keuangan 

Sebelum memulai, Anda harus tahu apa tujuan keuangan Anda. Apakah itu untuk dana darurat, tabungan masa depan, atau uang pensiun. Tujuan keuangan dapat membantu Anda lebih konsisten dalam mengadopsi gaya hidup ini.

Masak Makanan Sendiri 

Memasak selain sehat untuk Anda dan keluarga ternyata juga dapat memangkas biaya makan hingga 50%. Cobalah untuk mulai memasak dan berhenti membeli makanan di luar atau order dari layanan pesan makan online.

Buat Rencana Keuangan

Sebulan sekali Anda dapat membuat rencana keuangan. Berapa persen dari gaji Anda yang akan Anda alokasikan untuk biaya makan, biaya listrik, hingga biaya self reward.

Hanya Beli Barang yang Penting

Hindari untuk belanja impulsif, pertimbangkan dengan matang barang-barang yang ingin Anda beli. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau ini hanya keinginan semata.

Nah itu tadi langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memulai gaya hidup frugal living.