Ilustrasi uang.
Gaya Hidup

Ingin Cepat Kaya? Ini 6 Tips Investasi Jangka Panjang

  • Investasi jangka panjang merupakan salah satu langkah yang ditujukan untuk dapat menghasilkan dalam jangka waktu tertentu.
Gaya Hidup
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Investasi jangka panjang merupakan salah satu langkah yang ditujukan untuk dapat menghasilkan dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya jangka waktu tertentu tersebut berlaku lebih dari satu tahun. Artinya, untuk mencapai hal tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama dan modal maupun aset yang ditanamkan bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan pasif yang hanya dapat dinikmati setelah bertahun-tahun.

Menjadi investor jangka panjang memiliki sejumlah resiko dalam mengejar keuntungan yang lebih besar. Hal tersebut disebut prinsip risiko tinggi dan pengembalian tinggi (high risk high return). Untuk investasi jangka panjang, semakin tinggi resikonya, semakin tinggi pula potensi keuntungannya.

Berikut tips investasi jangka panjang yang telah dirangkum oleh TrenAsia:

1. Ketahui Tujuan Keuangan Anda

Sebelum masuk ke investasi jangka panjang, memiliki pandangan holistik tentang tujuan keuangan Anda. Tujuan akhir dari setiap investasi adalah untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, kecuali jika Anda memiliki pemahaman dan visi yang jelas tentang tujuan Anda, kecil kemungkinannya bagi Anda untuk mengatasi kesulitan yang diperlukan untuk investasi jangka panjang.

Bagilah tujuan Anda menjadi tiga kelompok besar – pendek, sedang, dan panjang. Sementara tujuan jangka pendek memiliki cakrawala waktu enam bulan sampai satu tahun, tujuan jangka menengah umumnya membutuhkan tiga sampai lima tahun untuk pencapaiannya. Di sisi lain, tujuan jangka panjang memiliki cakrawala waktu di atas sepuluh tahun atau lebih.

2. Mulai Berinvestasi Lebih Awal

Karena investasi jangka panjang membutuhkan disiplin dan kesabaran, sangat penting untuk memulai lebih awal. Investasi lebih awal akan membuat disiplin keuangan dan membawa keuntungan dalam investasi. Ini juga membantu Anda mengumpulkan keuntungan yang lebih besar.

Misalnya, jika Anda berusia 25 tahun dan ingin pensiun pada usia 60 tahun, rencana investasi sistematis (SIP) International Normalized Ratio (INR) sebesar 5.000 dalam reksa dana ekuitas yang menawarkan pengembalian tahunan 10% akan membantu Anda mengumpulkan korpus INR 1,9 crore. Jika Anda menunda investasi selama lima tahun, korpusnya akan menjadi INR 1,13 crore.

Oleh karena itu, menjadi early bird memiliki keuntungan tersendiri. Ini memberi uang Anda lebih banyak waktu untuk tumbuh dan memungkinkan Anda untuk melawan inflasi.

3. Berinvestasi pada Instrumen yang Memiliki Periode Lock-in yang Panjang

Cara lain untuk tetap berinvestasi dalam waktu lama adalah berinvestasi dalam instrumen dengan periode penguncian yang panjang. Lock-in melayani tujuan kembar. Itu tidak memungkinkan penarikan dini dan memungkinkan peracikan untuk mengambil efeknya. Instrumen tertentu seperti dana publik (PPF) dan Sistem Pensiun Nasional (NPS) memiliki penguncian yang lama.

15 tahun adalah penguncian PPF, sedangkan NPS mengunci dana hingga Anda berusia 60 tahun. Namun, yang pertama memungkinkan penarikan prematur dengan syarat tertentu. Namun, adalah kepentingan Anda untuk tidak menarik kecuali benar-benar diperlukan.

Di NPS, Anda dapat menarik 60% dari korpus sebagai lump sum ketika Anda berusia 60 tahun dan menggunakan 40% sisanya untuk membeli paket anuitas yang akan memberi Anda pensiun. Produk keuangan lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk berinvestasi adalah rencana asuransi unit-link (ULIP). ULIP memberikan manfaat ganda dari asuransi dan investasi dalam satu produk dan memiliki jangka waktu lima tahun.

Namun, untuk memaksimalkan keuntungan dari ULIP, Anda harus tetap berinvestasi untuk waktu yang lama, lebih dari lima tahun.

4. Berinvestasi dalam Ekuitas

Ekuitas sangat fluktuatif, terutama dalam jangka pendek. Namun, mereka bisa sama-sama bermanfaat dan berpotensi memberikan pengembalian yang mengalahkan inflasi dalam jangka panjang. Panik dan keluar mengikuti fluktuasi pasar jangka pendek dapat mengubah kerugian nasional menjadi kerugian aktual.

Daya tarik untuk mendapatkan pengembalian indeks inflasi dari ekuitas mendorong banyak investor untuk tetap berkomitmen pada investasi mereka untuk waktu yang lama. Dan mereka mendapatkan imbalan untuk ini juga. Misalnya, ketika pasar menukik pada Maret 2020 setelah Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), banyak investor tetap berkomitmen meskipun melihat pengembalian mereka dalam kategori merah.

Ketekunan mereka akhirnya terbayar, dengan pasar pulih dengan sangat baik. Pengembalian melonjak, dan segera investor duduk di keuntungan gemuk. Investasi ekuitas juga membangun kesabaran untuk tetap berkomitmen dalam waktu lama.

5. Abaikan Suara Pasar

Pasar penuh dengan opini dan pandangan yang tampak berkembang pesat dan cepat, terutama saat keadaan berjalan sedikit menyimpang. Tiba-tiba, Anda akan menemukan semua orang menjadi ahli dan berbagi pendapat. Untuk investasi jangka panjang, Anda harus mengabaikan kebisingan karena mereka berakhir sebagai gangguan yang dapat mengganggu tujuan Anda.

Konsultasikan dengan penasihat keuangan Anda, yang memahami rencana keuangan, posisi, dan tujuan Anda jika situasinya menuntut demikian. Lebih sering daripada tidak, kebisingan pasar memaksa investor untuk bertindak di bawah dorongan hati, yang mengakibatkan keputusan investasi yang salah. Karena itu, lihat gambaran besarnya dan tetap berkomitmen pada tujuan Anda.

6. Diversifikasi

Sementara kecemerlangan individu dapat membantu Anda memenangkan satu atau dua pertandingan, dibutuhkan upaya kolektif untuk menang. Begitu pula dengan investasi jangka panjang. Anda tidak dapat atau lebih tepatnya tidak bergantung pada satu instrumen keuangan.

Diversifikasi kepemilikan Anda di berbagai kelas aset ekuitas, obligasi, emas, dan aset. Misalnya, dalam ekuitas, sebarkan investasi Anda di dana berkapitalisasi besar, berkapitalisasi menengah, dan berkapitalisasi kecil. Diversifikasi akan memberikan stabilitas pada portofolio Anda dan menyeimbangkan risiko dan imbalan.

Diversifikasi yang optimal adalah strategi lindung nilai risiko yang efektif. Prinsip investasi fundamental, diversifikasi optimal juga meningkatkan pengembalian karena peristiwa pasar mempengaruhi setiap kelas aset secara berbeda.