Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/woman-girl-animal-dog-4056535/
Gaya Hidup

Ingin Hidup Tenang, Ini 5 Panduan Mindfulness untuk Pemula

  • Fokuslah pada apa yang sedang Anda kerjakan. Jika biasanya Anda mengerjakan sambil memikirkan hal lain, singkirkan pemikiran tersebut pelan-pelan.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Di zaman yang serba cepat dan sibuk ini, berlatih mindfulness mungkin bisa menjadi solusi untuk hidup yang lebih tenang dan bahagia. 

Founder dan direktur NeuroMeditation Jeff Tarrant, Ph.D menuliskan panduan sederhana untuk berlatih mindfulness kepada Psychology Today. 

Perlambat 

Mindfulness berarti berfokus pada aktivitas Anda saat ini. Cobalah untuk lebih memperlambat apapun yang Anda lakukan seperti mengemudi lebih lambat, mematikan telepon, berjalan-jalan santai, istirahat, tidur siang, berlatih pernapasan, menghabiskan waktu sendirian, dan bermeditasi.

Fokus dan Hadir dalam Aktivitas Harian 

Pilih aktivitas harian yang biasanya Anda lakukan dengan autopilot seperti menyikat gigi, berjalan-jalan, mencuci piring, atau makan. 

Fokuslah pada apa yang sedang Anda kerjakan. Jika biasanya Anda mengerjakan sambil memikirkan hal lain, singkirkan pemikiran tersebut pelan-pelan. 

Jangan pikirkan apa saja yang perlu dilakukan, atau berfantasi tentang liburan Anda berikutnya. Fokuslah pada kegiatan yang sedang Anda lakukan. 

Meditasi 

Tarrant menyarankan Anda untuk meluangkan waktu sehingga tubuh terasa lebih tenang. Rasakan berat tubuh Anda ditopang oleh kursi atau bantalan meditasi. Lepaskan ketegangan yang tidak diperlukan di tubuh Anda.

Setelah Anda mulai merasa rileks, perhatikan seluruh indra Anda. Apa yang Anda dengar? Apa yang Anda lihat? Emosi apa yang hadir? Sensasi tubuh apa yang Anda rasakan? Pikiran apa yang lewat?

Biarkan semua ini hadir, amati tanpa penilaian dan perhatikan dengan lembut dan perlahan. Biarkan hal-hal ini berlalu secara alami. 

Alam 

Temukan tempat dimana Anda dapat duduk dengan nyaman selama 15 hingga 30 menit. Anda juga bisa menemukan spot yang berada di dalam ruangan dengan pemandangan alam atau menggunakan pemandangan alam di virtual reality. 

Luangkan beberapa saat untuk menenangkan diri dan membumi. Kemudian biarkan pernapasan Anda melambat secara alami. 

Perhatikan bagaimana pandangan, suara, dan sensasi sentuhan di alam dapat mempengaruhi pikiran, perasaan dan tubuh Anda. 

Gerakan 

Latihan seperti yoga dapat membawa unsur gerakan ke dalam meditasi. Namun, penting untuk disadari bahwa mindfulness adalah tentang perhatian Anda bukan aktivitasnya.