Karyawan meletakkan emas batangan 24 karat di gerai Galeri 24, kantor cabang Pegadaian, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Ingin Investasi Emas? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

  • Trenasia.com telah merangkum dari beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangan investasi emas
Gaya Hidup
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - Emas merupakan logam mulia yang banyak disukain orang. Dengan berbagai bentuk yang menarik, emas berhasil menarik perhatian masyarakat terutama kaum hawa. 

Selain itu, emas juga diklaim sebagai salah satu bentuk investasi yang keuntungannya bisa dipanen dimasa depan. Berbagai bentuk emas yang paling diminati masyarakat yakni, emas perhiasan, emas dinar, ataupun dalam bentuk batangan. 

Mempelajari lebih lanjut apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan investasi emas tidak ada salahnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam berinvestasi emas. Oleh karena itu, Trenasia.com telah merangkum dari beberapa sumber, berikut kelebihan dan kekurangan investasi emas:

Kelebihan Investasi Emas

1. Mudah dicairkan

Keuntungan pertama yang cukup mengiurkan yakni sifatnya yang mudah dicairkan. Pasalnya, bentuk dan jenis investasi lain memiliki kecenderungan sifat yang lebih sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim pada saat tertentu saja.

Berbeda halnya dengan investasi emas yang memberikan keleluasaan bagi para pemegang investasi ini untuk dapat mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai dengan cara yang relatif mudah dan waktu yang singkat.

2. Bebas pajak

Keuntunagan selanjutnya yang bisa diperoleh dari investasi emas yakni bebas pajak. Berbeda dengan investasi lain seperti saham jika mendapatkan keuntungan dari investasi tidak langsung dinikmati. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari saham diikuti dengan adanya pajak. Oleh karena itu, Memiliki emas sebagai barang investasi merupakan pilihan yang tepat bila Anda menginginkan investasi bebas pajak.

3. Melindungi nilai kekayaan

Keuntungan yang lain yakni nilai kekayaan dalam investasi emas cenderung meningkat. Hal ini dikarenakan harga emas setiap tahunnya meningkat. 

Kelemahan Investasi Emas

Selain memiliki kelebihan, investasi emas juga memiliki kelemahan yang dapat menyebabkan kerugian. Berikut ini adalah kelemahan dari investasi emas antara lain:

1. Risiko kehilangan tinggi

Risiko pertama yang harus dihadapi para investor emas yakni kehilangan. Risiko kehilangan sangat tinggi terutama yang menjadikan emas dalam bentuk perhiasan yang sehari-hari digunakan. Risiko ini muncul dari kejadian perampokan yang mungkin terjadi terutama bila perhiasan yang digunakan cukup banyak atau mencolok.

2.Investasi jangka panjang

Bukan jadi investasi yang cocok bagi Anda yang menginginkan keuntungan dalam waktu cepat. Hal ini dikarenakan harga emas yang cukup besar tidak bisa menjamin investor akan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kecenderungan harga emas naik merupakan proses yang cukup lama, artinya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang tinggi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

3. Kenaikan harga emas lambat

Kelemahan dari investasi emas selanjutnya adalah kenaikan harga emas yang lambat. Harga emang memang cenderung mengalami peningkatan, tetapi bisa saja terjadi sebuah inflasi yang menyebabkan kenaikan sekaligus penurunan harga emas.

Setelah anda mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan emas, sekarang anda sudah bisa menentukan akan melanjutkan investasi emas atau tidak.