<p>Pekerja dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) beraktivitas di The Green Hotel, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 24 September 2020. Hotel ini mengajukan untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 ke pemerintah kota Bekasi setelah mendapatkan rekomendasi dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) karena sudah berpengalaman dijadikan tempat isolasi sebelumnya. Dengan menyediakan total 90 kamar di dua lantai hotel ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Paket Isolasi Mandiri COVID-19 di Hotel Berbintang dan RS, Simak Tarifnya

  • Tak sedikit industri perhotelan yang menawarkan fasilitas tersebut. Mulai dari guest house hingga hotel berbintang telah menyediakan fasilitas isolasi mandiri dengan tarif mulai dari Rp257.000 hingga Rp1.250.000 per malam.

Gaya Hidup
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Saat ini isolasi mandiri tidak hanya dapat dilakukan di rumah sakit (RS) saja. Hotel berbintang pun kini diperbolehkan untuk menyediakan fasilitas isolasi mandiri untuk masyarakat.

Tak sedikit industri perhotelan yang menawarkan fasilitas tersebut. Mulai dari guest house hingga hotel berbintang telah menyediakan fasilitas isolasi mandiri dengan tarif mulai dari Rp257.000 hingga Rp1.250.000 per malam.

Pandemi COVID-19 telah menghantam industri perhotelan cukup berat. Okupansi jeblok, pendapatan pun terseret anjlok. Maka tak heran, jika hotel dari bintang satu hingga bintang lima menyasar peluang ini.

Berikut ini hasil rangkuman TrenAsia.com, Rabu, 30 September 2020, beberapa rumah sakit maupun hotel berbintang yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri dengan berbagai tarif.

Paket isolasi mandiri Nite & Day Bandengan / Instagram @niteanddaybandengan / Istimewa
Nite & Day Bandengan Jakarta

Dari data rangkuman TrenAsia.com, Nite & Day Bandengan Jakarta menawarkan tarif isolasi mandiri paling murah dibandingkan di tempat-tempat lainnya.

Hotel bintang dua ini menawarkan paket karantina mandiri mulai dari Rp1.800.000 untuk tujuh hari. Jika dihitung per malam, biaya isolasi mandiri di hotel ini kurang lebih Rp257.000.

Nite & Day juga menawarkan paket lainnya yaitu untuk jangka waktu 14 hari. Paket tersebut dipatok mulai dari Rp2.500.000 untuk kamar dengan kasur ukuran single. Kemudian, paket lainnya ditawarkan dengan harga Rp2.750.000 untuk kamar dengan kasur ukuran double.

Fasilitas yang diberikan dari paket-paket tersebut antara lain sarapan pagi, hand sanitizer, diskon 10% untuk laundry dan Marnos Café, gratis wifi dan parkir.

Isolasi mandiri di Ciputra
Hotel Ciputra Jakarta

Hotel Ciputra Jakarta bekerja sama dengan rumah sakit Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menawarkan fasilitas “Stay Isolation”. Fasilitas itu diberikan untuk memberikan pelayanan kepada pasien OTG (orang tanpa gejala) dan ODP (orang dalam pengawasan).

Menurut pamflet yang diterbitkan Hotel Ciputra Jakarta, tarif isolasi mandiri tersebut dibanderol dengan harga Rp400.000 per malam. Adapun, fasilitas yang diberikan yaitu single bed untuk OTG, double bed untuk ODP, AC, dan makan tiga kali per hari.

Paket isolasi mandiri Tzu Chi / Istimewa
Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

Rumah sakit ini menyediakan fasilitas isolasi mandiri dengan biaya sebesar Rp400.000 per malam. Fasilitas yang diberikan berupa kontrol kesehatan satu kali per hari, pemberian multivitamin, makan tiga kali per hari, snack dua kali per hari, kamar mandi, dan kamar non AC atau kipas angin.

paket isolasi mandiri W House Cikatomas / Istimewa
W Home Cikatomas

Guest house bintang tiga ini menawarkan biaya isolasi mandiri sebesar Rp7.500.000 untuk 14 hari. Jika dihitung per malam, biaya isolasi mandiri di hotel ini kurang lebih sebesar Rp535.000 per malam.

Fasilitas yang diberikan dalam paket isolasi mandiri tersebut terdiri dari kontrol kesehatan sebanyak tiga kali, rapid test dua kali, layanan harian pembenahan kamar, layanan kebersihan dua kali per minggu, fasilitas anti-virus, wifi, tiga masker, standby konsultasi dokter via online dan kunjungan dokter secara berkala.

Paket isolasi mandiri di Hotel Santika / Istimewa
Hotel Santika Jakarta

Penyediaan fasilitas isolasi mandiri di Hotel Santika juga bekerja sama dengan RS Pelni. Tarif yang ditawarkan hotel bintang empat ini sebesar Rp550.000.

Adapun, fasilitas yang diberikan yaitu single bed untuk OTG, double bed untuk ODP, AC, dan makan tiga kali per hari.

Paket isolasi mandiri di Hotel Grand Sahid Jaya / Istimewa
Hotel Grand Sahid Jaya

Sama seperti Hotel Ciputra dan Santika, hotel bintang lima yang satu juga menawarkan fasilitas isolasi mandiri bekerja sama dengan RS Pelni. Biaya untuk fasilitas isolasi mandiri di hotel tersebut sebesar Rp850.000.

Fasilitasnya terdiri dari single bed untuk OTG, double bed untuk ODP, AC, dan makan tiga kali per hari.

Paket isolasi mandiri RS Harapan Bunda / Istimewa
Rumah Sakit Harapan Bunda

RS ini memberikan sejumlah paket untuk isolasi mandiri. Paket itu antara lain untuk jangka waktu tujuh hari dan 14 hari. Untuk paket tujuh hari, terdiri dari VIP sebesar Rp7.800.000 dan S.VIP sebesar Rp8.500.000.

Untuk paket ini fasilitasnya teridir dari cek kesehatan, satu kali SWAB test, multivitamin, makan tiga kali sehari, snack dua kali sehari, konsultasi dan kunjungan dokter umum, serta konsultasi dan kunjungan dokter spesialis paru.

Sementara itu, untuk jangka waktu 14 hari terdiri dari paket VIP sebesar Rp15.200.000 dan S.VIP Rp16.600.000. Fasilitasnya meliputi cek kesehatan, dua kali SWAB test,  multivitamin, makan tiga kali sehqri, snack dua kali sehari, konsultasi dan kunjungan dokter umum, serta konsultasi dan kunjungan dokter spesialis paru.

Paket isolasi mandiri RS Yarsi/ Istimewa
Rumah Sakit Yarsi

RS ini menawarkan paket isolasi mandiri eksklusif yang dibanderol dengan harga Rp17.500.000. Paket isolasi mandiri itu untuk jangka waktu 14 hari. Jika dihitung per malam, biaya isolasi mandiri di hotel ini sebesar Rp1.250.000. Tarif ini merupakan yang paling mahal diantara tempat lainnya yang didata TrenAsia.com.

Paket itu sudah termasuk kunjungan dokter specialist, pemeriksaan PCR test dua kali, pemeriksaan vital sign, multivitamin tablet, surat keterangan sehat, kamar VIP bersih dan nyaman, wifi, TV 32 inch, dan pilihan menu makanan.