Pangeran William Berjabat Tangan dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres
Dunia

Ingin Lawan Perubahan Iklim, Pangeran William Bertemu Sekjen PBB

  • Mereka membahas upaya yang diperlukan untuk mempercepat perjuangan melawan perubahan iklim dan melindungi lingkungan.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Pangeran William dari Inggris bertemu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres di New York pada Senin 18 September 2023 waktu setempat. Mereka membahas upaya yang diperlukan untuk mempercepat perjuangan melawan perubahan iklim dan melindungi lingkungan.

“Mereka juga membahas upaya untuk meningkatkan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, serta pembiayaan untuk pembangunan,” kata juru bicara PBB, dikutip dari Reuters, Selasa 19 September 2023. 

William mengunjungi badan dunia yang terdiri dari 193 anggota di mana para pemimpin dunia berkumpul untuk pertemuan tahunan Majelis Umum PBB. Guterres akan menjadi tuan rumah KTT iklim “tanpa basa-basi” pada hari Rabu 20 September 2023.

Para pemimpin juga berkumpul di PBB awal pekan ini untuk membahas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, daftar “tugas” tahun 2015 yang mencakup menghapus kelaparan dan kemiskinan ekstrem, melawan perubahan iklim, dan mencapai kesetaraan gender.

Guterres mengingatkan tujuan tersebut memerlukan rencana "penyelamatan global.” William sedang mengunjungi New York untuk KTT Inovasi Earthshot Prize di mana dia akan mengumumkan finalis tahun ini untuk penghargaan yang dia luncurkan pada tahun 2020 untuk membantu menemukan solusi bagi masalah-masalah lingkungan besar.

“Delapan puluh tahun yang lalu, dunia berkumpul di kota besar ini untuk mencari cara baru, melalui PBB, untuk menyelesaikan tantangan kita bersama,” kata William setelah tiba di New York. “Saya tahu generasi kita dapat mengambil tindakan berani yang kita butuhkan untuk membuat perubahan menuju dunia yang sehat dan berkelanjutan.”

Pada hari Selasa, ia akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin bisnis, aktivis iklim, dan pembuat kebijakan, dengan mereka yang hadir termasuk Utusan Khusus Iklim PBB Michael Bloomberg, mantan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, dan pendiri Microsoft, Bill Gates.

Perjalanan ini adalah kunjungan pertama Pangeran William ke New York sejak tahun 2014. Dia mengunjungi Boston pada bulan Desember tahun lalu untuk acara penghargaan Earthshot Prize, saat itu dia juga bertemu dengan Presiden Joe Biden.