Nampak aktifitas sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan di kawasan wisata kuliner Pasar Lama ,Kota Tangerang, Banten. Senin 27 September 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Ingin Liburan Sambil Wisata Kuliner Murah? Ini Trik Rahasianya

  • Inilah beberapa trik rahasia agar Anda bisa wisata kuliner murah saat liburan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Liburan sambil wisata kuliner seolah menjadi agenda wajib yang tidak terpisahkan. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki salah satu budget saja, yaitu untuk liburan namun tetap ingin wisata kuliner secara hemat? 

Berikut beberapa trik rahasia yang cocok untuk Anda yang ingin liburan sambil wisata kuliner hemat, seperti yang dilansir dari laman Discover.

Mencoba Makanan di Luar Kawasan Wisata

Cara jitu untuk menghemat uang untuk makanan saat Anda sedang liburan adalah dengan menjelajah wisata kuliner di luar kawasan wisata. Memang pada umumnya kawasan wisata menyediakan aneka masakan atau makanan yang mungkin dapat Anda beli untuk mengganjal perut saat sedang berwisata di tempat tersebut.

Akan tetapi, makanan yang ada di dalam kawasan wisata biasanya harganya lebih mahal dan rasanya cenderung biasa saja. Trik untuk mengakali hal tersebut adalah, Anda cukup berwisata di daerah tersebut saja, dan untuk urusan kuliner, sebaiknya Anda mencari makanan di luar kawasan wisata. 

Cari Rekomendasi Wisata Kuliner dari Warga Lokal

Cara efektif untuk bisa wisata kuliner dengan harga yang murah saat liburan adalah dengan menanyakan atau meminta rekomendasi makanan dari warga lokal atau penduduk setempat. Anda bisa mencoba mencari informasi tersebut dari teman, penumpang di bis, atau barista di kafe yang Anda kunjungi.

Coba Cari Review atau Ulasan dari Sumber Terpercaya

Setelah Anda mendapatkan rekomendasi restoran yang bisa Anda kunjungi saat liburan, Anda bisa mencoba mencari review atau ulasan dari sumber terpercaya. Anda juga bisa mencoba mencari ulasan di Google Review karena lebih mudah untuk ditemukan.

Hindari Makan Malam di Restoran Royal 

Bagi Anda yang ingin wisata kuliner dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mencoba memilih makan di restoran saat siang saja. Hal ini karena restoran royal seringkali menyajikan porsi yang sedikit lebih kecil pada saat makan siang daripada yang Anda temukan pada menu makan malam.

Coba Street Food Lokal

Cara yang menyenangkan untuk makan dengan anggaran terbatas saat berwisata adalah dengan mencoba makanan street food lokal. Meski begitu, cobalah untuk tetap bijak saat memilih penjual street food, dengan memilih restoran yang sudah ada daftar harganya serta higienis dan bersih.

Beli Air Putih di Toko Biasa

Saat Anda berada di kawasan wisata, air minum seperti air putih tentu harganya lebih mahal daripada biasanya. Oleh karena itu, cobalah untuk membeli di toko biasa saja agar harganya lebih murah.

Itu tadi beberapa trik rahasia agar Anda bisa wisata kuliner murah saat liburan. Selamat mencoba!