Ingin Melamar Pekerjaan Setelah Lebaran? Inilah 5 Hal yang Harus Anda Lakukan
Nasional

Ingin Melamar Pekerjaan Setelah Lebaran? Inilah 5 Hal yang Harus Anda Lakukan

  • Inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melamar pekerjaan, apalagi setelah Lebaran ini.
Nasional
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Momen setelah Lebaran biasanya adalah waktu yang tepat bagi para karyawan untuk resign dan mendapat pekerjaan baru. Hal ini karena para karyawan baru saja mendapatkan THR sehingga bisa dijadikan uang tambahan atau tabungan.

Meski begitu, ada baiknya sebelum Anda melamar pekerjaan khususnya setelah Lebaran Anda mengetahui hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti berikut ini.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Pekerjaan

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melamar Pekerjaan

1. Teliti perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan apapun, sebaiknya Anda meneliti dan mengenali perusahaan dengan lebih baik. Anda bisa mencoba mempelajari situs web perusahaan, akun media sosial, dan materi lainnya yang mungkin telah mereka publikasikan secara online.

Anda juga bisa membiasakan diri Anda dengan produk atau layanan dari perusahaan tersebut dan cobalah untuk memahami nilai-nilai yang mendorong perusahaan mengambil suatu keputusan. pengetahuan ini akan membantu Anda ketika membuat resume dan surat lamaran dengan lebih efektif.

2. Pelajari lowongan pekerjaan yang tersedia

Pastikan Anda membaca postingan lowongan pekerjaan dengan cermat. Perhatikan baik-baik tugas dan tanggung jawab serta kualifikasi yang diminta perusahaan dari kandidat. 

Anda bisa memindai kata kunci atau frasa terbaik dari postingan lowongan kerja tersebut untuk dimasukkan ke dalam lamaran kerja Anda.

3. Pahami persaingan dan industri 

Hal ini sangat membantu untuk memahami industri pekerjaan yang Anda lamar dan bagaimana kecocokan perusahaan tersebut dengan nilai Anda. Anda juga bisa mencari tahu pesaing perusahaan tersebut agar Anda mengetahui cara menjawab pertanyaan jika diberi pertanyaan bagaimana menghadapi pesaing baru perusahaan.

4. Jangkau jaringan

Tidak menutup kemungkinan, rekomendasi dari orang yang tepat di dalam jaringan Anda dapat membuat Anda menarik perhatian perekrut. Orang tersebut mungkin tidak dapat secara langsung menghubungkan Anda dengan perekrut, tapi mereka dapat membantu membuka kesempatan yang tidak Anda ketahui.

5. Periksa ulang dokumen Anda

Anda mungkin ingin segera mengirimkan lamaran tersebut, tapi ada baiknya Anda tetap santai dan beristirahat sejenak. Setelah itu, cobalah untuk meninjau kembali dokumen yang perlu Anda kirim.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melamar pekerjaan, apalagi setelah Lebaran ini.