Badai PHK Terjadi Lagi, Ini Hal yang Harus Dilakukan Usai Dirumahkan
Gaya Hidup

Ingin Mengambil Career Break? Lakukan Dulu 3 Hal Berikut Ini

  • Jangan tergesa-gesa! Inilah 3 hal yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan mengambil career break atau jeda karier.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Jeda karier atau career break merupakan cuti kerja yang tidak dibayar atau resign dari pekerjaan sebelumnya. Meski begitu jeda karier atau career break sebetulnya memiliki tujuan tertentu.

Keputusan melakukan career break diyakini mampu memberikan pengalaman yang lebih dan membantu menentukan masa depan seseorang. Meski begitu, sebelum melakukan career break, Anda juga harus mempertimbangkan dan melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

3 Hal yang Dilakukan Sebelum Career Break

1. Buat Dana Darurat

Saat Anda sedang dalam masa jeda karier, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak memperhitungkan beberapa hal seperti inflasi. Oleh karena itu, Anda butuh penyelamat kondisi hidup Anda yaitu dengan mempersiapkan dana darurat terlebih dahulu.

Sebelum melakukan career break, prioritas utama Anda adalah membuat dana darurat. Dana darurat yang baik harus sama dengan enam kali penghasilan bulanan saat ini.

2. Mulai Berinvestasi

Berinvestasi merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa Anda tetap memiliki sumber pendapatan saat Anda sedang dalam career break. Investasi ini juga dapat memastikan bahwa Anda tidak akan menghabiskan semua tabungan Anda selama istirahat tidak bekerja. 

3. Lunasi Utang

Utang adalah salah satu penyebab stres yang harus segera dituntaskan sebelum memutuskan career break. Saat Anda sedang melakukan jeda bekerja, Anda tidak akan memiliki penghasilan yang Anda terima sebagai karyawan. Itu artinya, kebutuhan melunasi pinjaman akan semakin membebani keuangan Anda. jadi, cobalah untuk tidak meneruskan utang Anda sampai saat Anda career break dan segeralah untuk melunasi pinjaman dan kewajiban Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga agar jika ada peristiwa yang mengganggu kesehatan, tidak akan sampai menimbulkan kekacauan pada keuangan Anda.

Sekarang, setelah Anda sudah bersiap untuk mengambil career break, Anda juga harus mencoba mengurangi beberapa pengeluaran gaya hidup seperti berbelanja, makan di luar, berlibur, dan sebagainya.