<p>Warga menunjukkan uang kertas rupiah baru tahun emisi 2016 usai melakukan penukaran di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (19/12). Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Ingin Menghasilkan Uang Lebih Banyak pada Tahun 2022? Ini Resolusi Keuangan yang Harus Anda Terapkan

  • Inilah resolusi keuangan yang harus Anda terapkan jika ingin menghasilkan uang lebih banyak pada tahun 2022
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tahun 2022 kini tinggal menghitung hari. Seperti biasanya saat akhir tahun, membuat resolusi tampaknya menjadi kebiasaan yang kerap dibuat oleh banyak orang. Salah satu resolusi yang dibuat adalah resolusi keuangan. Banyak orang yang menginginkan mendapatkan peningkatan pendapatan di tahun yang akan datang.

Namun, permasalahannya adalah biasanya memasuki bulan Februari semangat untuk mewujudkan resolusi tersebut jadi hilang atau memudar. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, Anda bisa menerapkan beberapa resolusi keuangan berikut untuk mendapatkan uang atau penghasilan lebih banyak pada tahun 2022.

Bangun Dana Darurat

Anda dapat menghindari utang kartu kredit yang mahal jika Anda memiliki simpanan untuk digunakan saat terjadi keadaan darurat muncul. Cobalah untuk menabung dana darurat yang cukup untuk menutupi enam sampai sembilan bulan biaya hidup dasar. Kemudian, ketika pengeluaran tak terduga muncul, seperti tagihan perbaikan mobil atau biaya pengobatan, atau jika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan, Anda tidak perlu menambah utang lagi pada kartu kredit. 

Mengambil Usaha Sampingan

Anda bisa mendapatkan pendapatan ekstra atau tambahan dari usaha sampingan seperti berkebun, membuat furnitur, membuat berbagai usaha kuliner, atau menjadi reseller produk yang sudah memiliki pasar dan diminati oleh banyak orang. Usaha sampingan akan membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan dan tidak membuat Anda untuk berutang agar bisa melunasi tagihan setiap bulan. 

Kurangi Biaya Berlangganan

Anda dapat mengurangi biaya berlangganan seperti keanggotaan gym atau TV kabel yang tidak terlalu Anda butuhkan sehari-hari. Hal tersebut dapat mengurangi pengeluaran Anda sehingga tabungan Anda semakin bertambah.

Perbarui Resume Anda

Jika penghasilan di pekerjaan sekarang menurut Anda tidak lagi bisa mencukupi kebutuhan, Anda bisa mulai mengubah resume Anda sesuai dengan pengalaman terbaru. Dengan memiliki keterampilan dan tanggung jawab baru, Anda bisa menaikkan daya tawar Anda agar bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Namun, jika Anda perlu untuk meningkatkan keterampilan, Anda bisa melakukan investasi dengan menghadiri kelas atau mengambil kursus yang akan bermanfaat untuk mendapatkan pekerjaan baru.

Kendalikan Kebiasaan Belanja

Belajarlah untuk tidak terpancing saat ada barang yang sedang diskon. Jika barang tersebut tidak Anda butuhkan dalam waktu dekat dan jika Anda tetap membelinya hal itu bisa berarti Anda telah membuang uang. Pikirkan keperluan jangka panjang dan jangan tergiur untuk mendapatkan kepuasan instan.