<p>Ilustrasi: Produk kerajinan UMKM. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Ingin Meriset Ide Bisnis? Gunakan 3 Cara Ampuh Ini

  • JAKARTA-Setiap orang, tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan. Namun, sering kali keterbatasan modal jadi penghambat untuk memulainya. Padahal, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan lebih, terutama di era digital ini. Anda bisa dengan mudah menemukan ide bisnis dengan melakukan riset kecil-kecilan. Tentu saja, untuk itu diperlukan sedikit kerja keras dan ketekunan. Sebab, memulai bisnis […]

Industri
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA-Setiap orang, tentunya ingin mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan. Namun, sering kali keterbatasan modal jadi penghambat untuk memulainya.

Padahal, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan lebih, terutama di era digital ini. Anda bisa dengan mudah menemukan ide bisnis dengan melakukan riset kecil-kecilan. Tentu saja, untuk itu diperlukan sedikit kerja keras dan ketekunan.

Sebab, memulai bisnis dari nol dengan modal kecil memerlukan komitmen yang tinggi. Beberapa hal yang harus terus dijaga, yaitu konsistensi dan kreativitas.  Terlepas dari untung dan rugi, karena hal ini cukup sulit diprediksi di awal, beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan dalam meriset ide bisnis yang berpotensi besar menambah penghasilan Anda.

Membaca Situasi Pasar

Seorang yang ingin memulai bisnis, seyogyanya punya kemampuan membaca situasi. Misalkan, ketika harga masker melonjak lantaran pandemi COVID-19. Banyak orang yang membutuhkan masker. Ide bisnis menjual masker adalah opsi yang tepat saat itu.

Membaca kemudian memanfaatkan situasi merupakan cara paling mudah dalam menentukan ide bisnis.

Contoh lainnya, misalkan di sebuah perumahan kelas menengah, Anda adalah warga baru yang pindah ke daerah tersebut. Setelah Anda amati, belum ada satu pun pedagang kelontong di kompleks perumahan tersebut. Peluang ini bisa dijadikan bagi seseorang yang ingin membuka usaha rumahan kecil-kecilan.

Dalam hal ini, membaca dan memanfaatkan situasi akan memberi  Anda kesempatan untuk mendapatkan penghasilan bulanan tambahan.

Meriset Ide Bisnis di Media Sosial

Media sosial saat ini bisa dibilang sebagai ladang luas untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mencari ide-ide menarik dan terbaru di media sosial. Pasalnya, media sosial dapat memberikan Anda informasi terbaru selama 24 jam penuh.

Di samping itu, Anda pun bisa meriset pasar yang tepat sesuai dengan bisnis yang ingin Anda mulai. Media sosial menyediakan itu semua, mulai dari bisnis yang lagi ramai hingga komunitas-komunitas tujuan market Anda.

Memantau media sosial dan toko online adalah sarana untuk menentukan produk yang tepat saat ingin mencoba memulai bisnis online.

Amati, Tiru, dan Modifikasi ATM

Sebagai pebisnis pemula, meniru ide bisnis orang lain adalah sebuah kewajaran. Anda boleh perhatikan ada berapa banyak orang yang menjalankan jenis bisnis yang sama?

Hanya saja, jika bentuk usaha atau ide bisnis serupa, Anda bisa memberikan variasi-variasi lain untuk memberikan nilai yang lebih kepada target konsumen Anda.

Meniru ide bisnis yang sudah ada memerlukan kreativitas tanpa batas. Meniru ide bisnis bukan mentah-mentah meniru. Ide bisnis yang sama akan jauh lebih baik jika kita bisa memberi sesuatu yang lebih dari ide bisnis yang sudah ada. Oleh karena itu konsep amati tiru dan modifikasi juga berlaku dalam dunia bisnis.

Ketika akan membuka bisnis, maka hal mendasar adalah mempelajari apa yang tidak dimiliki kompetitor. Tugas Anda adalah membuat perbedaan yang cukup menonjol di bidang kuliner ini.

Beberapa tips riset ide bisnis di atas bisa diterapkan bagi yang ingin memulai usaha sampingan. Hal yang perlu diingat untuk memulai bisnis baik konvensional maupun bisnis online adalah memperhitungkan berbagai risiko yang mungkin akan ditemui nantinya.

Bisnis memerlukan hitungan yang cermat sebagai landasan pengembangan usaha ke depannya agar Anda tidak terkejut dengan hal-hal yang mungkin akan terjadi.