Ilustrasi pendanaan modal ventura untuk start up
Gaya Hidup

Ingin Mulai Usaha Tapi Belum Ada Modal? Jenis Pinjaman Ini Bisa Jadi Jalan Keluar

  • Memulai usaha bisa menjadi salah satu mata pencaharian dengan potensi pendapatan yang tak terbatas
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Memulai usaha bisa menjadi salah satu mata pencaharian dengan potensi pendapatan yang tak terbatas. Sayangnya, tak semua orang memiliki cukup modal untuk memulai usahanya.

Salah satu masalah yang menjadi pokok utama bagi Anda yang ingin memulai usaha adalah kekurangan modal. Meski begitu, hal ini bukanlah jalan buntu, sebab saat ini banyak akses pinjaman bagi para pelaku usaha untuk memperoleh modal usaha.

Berikut adalah daftar akses pinjaman modal yang bisa Anda peroleh untuk tambahan modal usaha.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR atau Kredit Usaha Rakyat menjadi salah satu daftar pinjaman modal usaha. Program KUR biasanya tersedia pada bank-bank milik pemerintah dengan bunga yang relatif kecil.

Untuk mengajukan KUR, Anda diwajibkan menjalani  usaha yang telah beroperasi minimal 6 bulan.

2. Koperasi

Meski jarang jadi pilihan, Koperasi ternyata bisa menjadi wadah untuk Anda yang ingin meminjam uang untuk modal usaha. Untuk memperoleh pinjaman dari koperasi, Anda terlebih dahulu harus menjadi Anggota koperasi.

Meski besaran dana yang dipinjamkan tak sebesar KUR dan bunganya lebih tinggi, meminjam di Koperasi memiliki syarat yang lebih mudah.

3. Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah pinjaman yang diperoleh dengan menjaminkan aset atau harta yang Anda miliki. Adapun besaran yang akan dipinjamkan bank kepada Anda akan disesuaikan dengan nilai aset yang telah dijaminkan.

4. Peer to Peer Lending

Jenis pinjaman modal usaha kecil lainnya yaitu P2P Lending. P2P lending adalah platform yang menyediakan pinjaman produktif bagi pelaku usaha. 
Namun sebelum memutuskan untuk melakukan peminjaman pada, pastikan Anda P2P lending tersebut legal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja adalah pinjaman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Pinjaman ini juga disediakan oleh pihak bank dan yang akan Anda dapat dari pinjaman tersebut adalah 70% modal yang diajukan.