Mulai dipasarkan pada Agustus 2020, Kota Podomoro Tenjo penuhi komitmen serah terima rumah perdana sesuai target pada Desember 2022. Ketepatan waktu serah terima yang diraih Kota Podomoro Tenjo menggambarkan komitmen Agung Podomoro terhadap para konsumen untuk menghadirkan properti yang unggul dan berkualitas, serta dilengkapi fasilitas premium,termasuk premium club house yang diresmikan bersamaan dengan penyerahan unit perdana. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Ingin Punya Rumah Meski Gaji Cuma Rp2 Juta? Simak Tips Berikut

  • Simak trik yang bisa dilakukan untuk bisa membeli hunian sendiri meski gaji hanya Rp2 juta.
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Memiliki rumah atau hunian sendiri menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Namun sayangnya, setiap tahun, harga properti kian melambung sedangkan besaran penghasilan cenderung stagnan.

Hal inilah yang keudian menyebabkan sejumlah keluarga milenial kesulitan untuk memiliki hunian sendiri. Sebagai gantinya, kebanyakan dari mereka memilih untuk mengontrak. Padahal, jika dihitung, mmembayar kontrak selama beberapa tahun sama nilainya dengan mencicil sebuah hunian.

Meski begitu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal mustahil meski gaji Anda mepet atau bahkan di bawah UMR. Bagi Anda yang memiliki gaji kisaran Rp2 juta, berikut trik yang bisa dilakukan untuk bisa membeli hunian sendiri.

1. Buat Rencana Keuangan

Bagi anda yang berpenghasilan minim namun ingin menganggarkan dana untuk membeli hunian, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah membuat perencanaan keuangan. Meski klise, ini menjadi hal yang krusial dilakukan.

Agar target bisa tercapai, nda perlu mengelola keuangan Anda dengan baik dan membuat rencana anggaran yang tertata baik untuk DP rumah maupun untuk pembelian cash.

2. Jangan Berutang

Jika gaji Anda pas-pasan dan ingin membelu rumah sendiri, jauhi diri Anda dari utang.Pasalnya, jika Anda punya utang, maka anggaran keuangan bulanan Anda tentunya akan terganggu.

Namun jika Anda sudah terlanjur memiliki utang, sebaiknya lunasi terlebih dulu utang Anda sebelum mulai menabung untuk membeli rumah.  

3. Buat Target Menabung

Tips dan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji Rp2 juta selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat target tabungan. Anda perlu menetapkan target menabung yang jelas agar tujuan Anda membeli rumah segera tercapai.

Anda bisa menggunakan strategi menabung 50:30:20 untuk anggaran keuangan Anda dalam satu bulan.

4. Ajukan KPR Subsidi

Bagi yang ingin punya hunian namun terkendala gaji yang cukup minim, Anda bisa mengajukan KPR subsidi dari pemerintah. Seperti namanya, KPR subsidi merupakan kredi yang cukup meringankan masyarakat yang membutuhkan hunian.

Anda bisa menabung dengan strategi 50:40:10 seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Namun, dana tabungan sebesar 40% atau Rp800.000 tersebut dikumpulkan untuk dana uang muka rumah atau DP.

Setelah DP terkumpul, Anda bisa mengajukan KPR subsidi dan mencari rumah dengan cicilan di bawah Rp1 juta per bulannya agar tidak mengganggu dana kebutuhan pokok sehari-hari Anda.

5. Cari Pendapatan Tambahan

Mempunyai gaji UMR atau bahkan di bawah UMR memang membuat banyak orang kerap terbatas dalam memenuhi kebutuhan primernya, termasuk memiliki hunian yang nyaman.

Meski begitu, Anda tidak harus berputus asa. Sebab, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. terlebih  di zaman serba digital seperti saat ini, ada banyak pekerjaan freelance yang bisa Anda lakukan jika Anda memiliki kemampuan dan kreativitas.