Trebel Music
Industri

Ingin Saingi Spotify, MNC Digital Entertainment (MSIN) Luncurkan Trebel Music

  • PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), anak usaha PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) meluncurkan Trebel Music di Indonesia pada 18 April 2022
Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), anak usaha PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) meluncurkan Trebel Music di Indonesia pada 18 April 2022.

Peluncuran platform musik dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Latin ini menggenapi kesepakatan investasi perseroan yang diteken pada awal 2022. Direktur Utama MSIN, Hary Tanoesoedibjo mengatakan, bergabungnya Trebel Music di MNC Grup akan mereplikasi dominasi perusahaan di industri video ke dalam industri musik.

“Visi kami untuk menjadikan RCTI+ sebagai superapp media dan hiburan All-in-One,” kata Harry dalam keterbukaan informasi, Rabu 20 April 2022.

MSIN optimistis Trebel dapat bersaing dengan platform streaming kawakan seperti Spotify. Pasalnya, Trebel Music hadir sebagai layanan musik berlisensi pertama yang tidak memungut biaya kepada pengguna dan tanpa koneksi internet.

Penyediaan layanan gratis dan offline  ini disokong oleh iklan dan dipatenkan. Dengan formula ini, Trebel Music berharap dapat menjangkau pasar global. Di Indonesia, perseroan memperkirakan Trebel mampu menggaet 15 juta pengguna aktif bulanan pada akhir 2022.

“Tanpa biaya, tanpa memerlukan akses internet berkelanjutan, paket data seluler yang mahal, atau berlangganan,” lanjut Harry.

Harry menyambung, Trebel Music akan diintegrasikan ke dalam RCTI+ sebagai bagian dari kategori konten utama ke-5. Setelah integrasi, aplikasi AVOD superapp ini akan dilengkapi dengan lima pilar konten dari Video, Berita, Audio, UGC/pencarian bakat, dan pengunduhan secara offline

Dalam kesempatan berbeda, Co-Founder & CEO Trebel Music Gary Mekikian menyebut, Indonesia merupakan salah satu pasar musik terpenting dengan prospek menjanjikan di dunia. Di mana kurang dari 5% pendengar musik dapat mengakses musik secara offline.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan RCTI+, untuk menghadirkan Trebel Music kepada 95% masyarakat Indonesia lainnya yang membutuhkan akses ke musik yang mereka sukai secara gratis," kata Gary dalam siaran pers MSIN 7 Januari 2022.