Happy money
Gaya Hidup

Ingin Sehat Finansial? Sederhana Saja, Lakukan Metode 50/30/20 untuk Keuangan Anda

  • Metode ini membuat Anda mampu mengelola keuangan dengan membagi pengeluaran menjadi 3 kategori yaitu Living, Saving, dan Playing
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Mengatur keuangan mungkin menjadi PR besar bagi sebagian orang. Mengatur keuangan memang sangatlah penting, karena jika tak pandai bisa-bisa gaji selama sebulan tak cukup dipakai untuk kebutuhan dan bisa-bisa Anda harus berhutang untuk mendapatkan dana tambahan.

Lalu bagaimana sih cara mengelola keuangan yang baik? Prita Hapsari Ghozie, seorang konsultan dan perencana keuangan dalam bukunya yang berjudul Make It Happen merekomendasikan metode untuk mengatur keuangan Anda bernama 50/30/20.

Metode ini membuat Anda mampu mengelola keuangan dengan membagi pengeluaran menjadi 3 kategori yaitu Living, Saving, dan Playing

Living - 50%
Dengan metode ini Anda berhak menggunakan 50% uang Anda untuk living atau memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti belanja bahan makanan, membayar tagihan listrik dan telepon, membayar wifi dan paket internet, biaya transportasi dan lain-lain. 

Jika Anda memiliki hutang, maka cicilan hutang juga dapat Anda bayar menggunakan alokasi ini. Intinya semua kebutuhan harian Anda yang sifatnya harus dibayar dan mendesak dapat dibayar menggunakan alokasi Living. 

Besaran biaya living yang dapat Anda gunakan adalah 50% dari gaji Anda. Jadi katakanlah gaji Anda Rp5 juta maka Anda dapat menggunakan Rp2,5 juta untuk living.

Saving - 30% 
Anda harus mengalokasikan 30% dari gaji Anda untuk kategori Saving. Kategori ini terdiri dari tabungan dan investasi. 

Jika Anda belum memiliki dana darurat, maka pertama kali Anda harus menggunakan dana saving ini sebagai dana darurat. Besaran dana darurat adalah minimal 3 kali pengeluaran Anda selama sebulan dan lebih baik lagi jika dana darurat Anda sebesar 12 kali pengeluaran Anda selama sebulan. 

Jika dana darurat telah terpenuhi, barulah Anda dapat berfokus kepada tabungan untuk rencana keuangan dan investasi. Katakanlah gaji Anda Rp5 juta maka besaran dana Saving selama sebulan yang harus Anda sisihkan adalah Rp1,5 juta.

Playing - 20% 
Jangan sampai Anda sudah bekerja lembur selama satu bulan penuh tetapi tidak memiliki dana untuk refreshing dan self reward. Tenang saja, dengan metode ini Anda tetap dapat bersenang-senang dengan gaji Anda. 

Prita Ghozie menyarankan besaran dana playing tidak lebih dari 20% agar keuangan Anda tetap sehat. Alokasi dana ini dapat Anda gunakan untuk ngopi cantik di kafe, berbelanja baju, membeli barang hobi, hingga liburan di akhir pekan.

Katakanlah jika gaji Anda Rp5 juta maka Anda berhak untuk memakai Rp1 juta untuk bersenang-senang.

Nah berikut tadi adalah metode 50/30/20 yang dapat Anda gunakan untuk mengatur keuangan Anda. Semoga bermanfaat!