Twitter Diakuisisi Elon Musk, Bill Gates Khawatir Hoax Jadi Semakin Buruk
Gaya Hidup

Ingin Sukses Seperti Bill Gates dan Elon Musk? Coba Ikuti Aturan 5 Jam Ini

  • Ingin sukses seperti Bill Gates, Elon Musk, dan Jack Ma? Cobalah untuk mengikuti aturan lima jam ini
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pernahkah Anda di hari libur ingin melepas lelah dengan makan makanan sambil menonton TV. Bahkan, tanpa sadar Anda sudah menonton lima episode serial Netflix atau drama Korea terbaru.

Meskipun hal tersebut sah-sah saja dilakukan, serta bermanfaat untuk melepaskan rasa penat usai bekerja selama weekday. Namun, ternyata hal tersebut bukan selalu menjadi kebiasaan yang sehat. Orang-orang paling sukses di dunia justru menghabiskan waktu luangnya untuk belajar.

Seperti yang dilansir dari laman Entrepreneur, seorang peneliti bernama Thomas Corley, meneliti selama lima tahun kepada 200 jutawan. Ia menemukan bahwa mereka tidak menonton TV. Sebaliknya, 86% seorang dalam kategori jutawan tersebut justru memilih membaca dengan serius atau mendengarkan audiobook selama melakukan perjalanan.

Pakar produktivitas Chonce Maddox menulis bahwa orang sukses biasanya suka membaca. Rata-rata jutawan membaca dua atau lebih buku per bulan. Oleh karena itu, dia menyarankan semua orang untuk membaca baik membaca blog, situs berita, buku fiksi dan non fiksi selama waktu senggang sehingga Anda dapat menyerap lebih banyak pengetahuan. Jika Anda sering bepergian, dengarkan audiobook atau podcast yang informatif atau mendidik.

Mungkin Anda akan berpikir, siapa yang punya waktu untuk duduk dan membaca? Seorang yang bekerja atau memiliki keluarga, hampir tidak mungkin menemukan waktu luang.

Namun, orang paling kaya di dunia, seperti Bill Gates, Warren Buffett, Oprah Winfrey, Elon Musk, Mark Cuban, dan Jack Ma semuanya merupakan pembaca yang rakus. Seperti yang dikatakan Bill Gates kepada The New York Times, membaca adalah salah satu cara utama dirinya belajar dan sudah dimulai sejak ia masih kecil.

Jadi bagaimana mereka menemukan waktu untuk membaca setiap hari? Ternyata mereka selalu mematuhi aturan lima jam.

Aturan Lima Jam

Aturan lima jam telah diciptakan oleh Michael Simmons, pendiri Empact. Konsep aturan ini sangat sederhana, tidak peduli seberapa sibuknya orang-orang sukses, mereka selalu menghabiskan setidaknya satu jam sehari atau lima jam seminggu untuk belajar atau berlatih. Hal ini mereka lakukan ini sepanjang karier mereka.

Para pemimpin sukses telah menganut aturan lima jam ini dengan memecah aturan menjadi tiga hal, yaitu sebagai berikut.

Membaca

Jutawan termasuk Mark Cuban dan Dan Gilbert, pemilik Cleveland Cavaliers membaca antara satu dan tiga jam setiap hari. Elon Musk belajar cara membuat roket yang membuatnya memiliki SpaceX dengan membaca.

Membaca selalu mampu memperluas pengetahuan, menurut Jack Ma (salah satu pendiri Alibaba) mengatakan bahwa membaca dapat memberi Anda awal yang baik yang seringkali tidak diketahui rekan Anda. Bahkan jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk membaca satu jam atau lebih setiap hari, mulailah dengan 20 hingga 30 menit. Cobalah untuk membaca buku saat menunggu rapat dimulai, di ruang tunggu dokter, dan sebagainya.

Renungkan

Aturan lima jam juga mencakup refleksi dan pemikiran. Hal ini agar apa yang Anda baca bisa Anda ambil manfaatnya. 

Eksperimen

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan eksperimen cepat. Eksperimen sangat berguna apalagi jika Anda memiliki fakta, bukan hanya asumsi. Eksperimen akan menunjukkan kepada Anda apa yang berhasil dan memudahkan Anda untuk belajar dari kesalahan.

Itu tadi aturan lima jam yang bisa Anda lakukan untuk sukses seperti Elon Musk dan Bill Gates. Selamat mencoba!