HP Lama Sudah Makin Butut? Coba 5 Cara Ini Agar Ponsel Terasa Baru Lagi
Tekno

Ini 3 Cara Identifikasi Aplikasi ChatGPT Palsu, Awas Terjebak!

  • Inilah beberapa cara mengidentifikasi aplikasi ChatGPT palsu dengan yang asli.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Meningkatnya popularitas ChatGPT dari OpenAI ternyata dapat menimbulkan efek samping yang tidak menguntungkan, yaitu munculnya aplikasi ChatGPT palsu yang dirancang untuk menipu pengguna.

Aplikasi palsu ini ternyata juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna dan pakar keamanan siber. 

Seperti yang telah Anda ketahui, ChatGPT dari OpenAI ini telah menimbulkan banyak peminat dan kerap diperbincangkan. ChatGPT menawarkan layanan chatbot yang canggih yang mampu memahami permintaan kompleks dan memberikan respons yang cukup akurat.

Tidak mengherankan jika teknologi tersebut menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia. Namun, minat yang berkembang ini ternyata juga menarik perhatian penjahat dunia maya, mengeksploitasi tren untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Karena semakin banyak orang mencari cara untuk mencoba ChatGPT di smartphone, tanpa sadar banyak pengguna yang menjadi korban penipuan. Seperti yang dilansir dari Gizchina, laporan dari firma keamanan siber, Sophos mengungkapkan bahwa developer telah membuat aplikasi chatGPT palsu untuk mengelabui pengguna agar membayar biaya berlangganan yang mahal.

Aplikasi tersebut mungkin tidak berbahaya seperti aplikasi jahat pada umumnya yang akan menginfeksi smartphone Anda. Akan tetapi, hal itu tetap bisa menimbulkan masalah yang signifikan.

Aplikasi ChatGPT ini menggunakan taktik penipuan untuk mendapatkan kepercayaan pengguna, seperti membuat berbagai ulasan aplikasi di Google Play Store dan App Store. Mereka mengulas aplikasi mereka untuk menghasilkan review atau ulasan palsu, sehingga menyulitkan pengguna untuk membedakan antara aplikasi asli dan palsu.

Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan atau terjebak menggunakan aplikasi ChatGPT palsu, Anda perlu mengetahui cara mengidentifikasinya. Berikut penjelasannya.

Cara Mengidentifikasi Aplikasi ChatGPT Palsu

Cara Mengidentifikasi Aplikasi ChatGPT Palsu

1. Nama aplikasi yang mirip

Aplikasi ChatGPT palsu sering kali menggunakan nama yang sangat mirip dengan aplikasi ChatGPT yang resmi. Taktik ini cukup membingungkan pengguna dan pengguna cenderung percaya bahwa mereka mengunduh aplikasi asli.

2. Ulasan atau review aplikasi cenderung positif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi palsu sering kali meningkatkan ulasan aplikasi di Google Play Store dan App Store. Berhati-hatilah terhadap aplikasi dengan banyak ulasan atau review positif tetapi feedback pengguna asli yang minimal.

3. Meminta biaya langganan yang tidak wajar

Jika suatu aplikasi membebankan biaya berlangganan yang sangat tinggi untuk layanannya, kemungkinan itu adalah aplikasi palsu. Aplikasi asli, seperti ChatGPT Plus OpenAI, memberikan layanan berkualitas dengan harga terjangkau.

Itu tadi beberapa cara mengidentifikasi aplikasi ChatGPT palsu dengan yang asli.