<p>Cara menghilangkan kecemasan saat rapat online ketika WFH/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Ini 3 Cara Mengatur Uang Hasil Pekerjaan Sampingan Agar Tabungan Makin Meningkat

  • Inilah beberapa cara mengatur uang hasil side hustle atau pekerjaan sampingan agar tidak mudah habis.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Side hustle atau pekerjaan sampingan memang bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, karena bukan penghasilan utama, banyak orang yang tidak serius mengatur penghasilan dari pekerjaan sampingan sehingga sering habis dan tidak menambah tabungan sama sekali.

Oleh karena itu, simak beberapa cara mengatur uang hasil side hustle atau pekerjaan sampingan agar tidak mudah habis seperti berikut ini.

Cara Mengatur Uang Hasil Pekerjaan Sampingan

1. Jangan Pernah Berhenti Melacak

Jika Anda tidak hati-hati melacak semua uang ekstra yang Anda hasilkan dari side hustle, maka Anda tidak akan pernah benar-benar merasakan apakah usaha Anda membuahkan hasil. Anda bahkan tidak perlu melakukan sistem pembukuan untuk mengawasi penghasilan sampingan Anda. Anda bisa melacak semuanya dengan membuat spreadsheet khusus untuk melacak keuangan sampingan secara konsisten.

2. Berhati-hatilah dengan Anggaran Anda

Beberapa pekerjaan sampingan bersifat tidak konsisten, jadi penting untuk selalu menyesuaikan anggaran Anda. Saat Anda menghasilkan uang melalui usaha sampingan, pastikan untuk mencatatnya ke bagian pendapatan anggaran. Anda mungkin juga perlu menambahkan uang yang disisihkan untuk membayar pajak.

3. Simpan dalam Rekening Terpisah

Salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan dari pendapatan sampingan adalah dengan menyimpannya di rekening bank yang terpisah yang tidak tercampur dengan penghasilan rutin dari pekerjaan utama Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak tergoda menghabiskan penghasilan tambahan tersebut.

Itu tadi beberapa cara mengatur uang hasil side hustle atau pekerjaan sampingan agar tidak mudah habis.