<p>Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu/Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Ini 6 Sektor Pilot Project Peta Jalan Hidup Berdampingan dengan COVID-19

  • Setelah sebelumnya menetapkan pandemi sebagai endemik, pemerintah kini siap meluncurkan peta jalan (roadmap) agar masyarakat terbiasa hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Setelah sebelumnya menetapkan pandemi sebagai endemik, pemerintah kini siap meluncurkan peta jalan (roadmap) agar masyarakat terbiasa hidup berdampingan dengan pandemi COVID-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, peta jalan dibuat untuk enam sektor sebagai pilot project guna untuk menekan dampak psikologis di tengah ketidakpastian berakhirnya pandemi.

Presiden Joko Widodo, kata dia, juga telah meminta agar peta jalan untuk sektor-sektor terkait bisa mulai diterapkan pekan depan.

"Jadi arahan presiden kita harus miliki roadmap bagaimana kalau ke virus ini hilangnya butuh waktu sampai tahunan, bagaimana protokol kesehatan kita bisa menjaga kita untuk tetap normal menjalankan ekonomi dengan kondisi yang lebih aman," ujarnya dalam konferensi pers yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 9 Agustus 2021.

Menyasar 6 Sektor

Budi Gunadi menjelaskan, pemerintah akan melakukan pilot project di enam sektor aktivitas masyarakat mulai dari pariwisata hingga pendidikan, dalam mengatur penerapan protokol kesehatan secara digital.

"Arahan Presiden agar dipastikan bahwa protokol kesehatan yang nantinya akan mendampingi kehidupan kita itu benar-benar praktis, bisa juga digital berbasis informasi teknologi dan juga bisa mengamankan kehidupan kita sehari-hari," paparnya.

Dia mengatakan, sektor pertama yang disasar adalah perdagangan modern seperti mal atau juga perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko-toko kelontong.

"Kita rencana mulai pilot project minggu depan, mulai beberapa mal bekerja sama dengan asosiasi mall di indonesia. Kita juga sudah mengintegrasikan dengan transportasi udara. Dimana teman-teman wartawan sudah merasakan, setiap kali check in akan langsung ketahuan status vaksinasi dan PCR secara digital otomatis," jelas Budi Gunadi.

Sektor kedua adalah kantor dan kawasan industri, dan yang ketiga adalah sektor transportasi baik darat, laut, dan udara.

Selanjutnya, pemerintah juga menyasar sektor pariwisata hotel, restoran, atau event; kelima, sektor keagamaan, serta keenam adalah sektor pendidikan.

Budi Gunadi juga mengatakan Jokowi telah memutuskan untuk menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai dasar penerapan protokol kesehatan di sektor-sektor yang menjadi pilot project.
 
"Sudah diputuskan oleh Presiden bahwa nantinya akan menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai dasar dan rencananya minggu depan akan dimulai di mal bekerja sama dengan asosiasi mal," katanya.

Dia menerangkan, status vaksinasi dan hasil tes atingen atau PCR setiap masyarakat akan tersimpan di database Pedulilindungi secara otomatis untuk digunakan sebagai syarat melakukan aktivitas di enam sektor terkait.

"Nanti setiap aktivitas tersebut, kalau mau masuk harus ada proses skrining," ungkap Budi Gunadi.*