Ilustrasi pekerja lembur
Gaya Hidup

Ini 7 Cara Menghindari Bahaya Malware Saat Browsing, Hati-hati!

  • Simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bug dan malware saat menjelajah berbagai website.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Browsing atau menjelajah berbagai situs tentu sudah menjadi hal yang wajar dan sering dilakukan oleh pengguna internet. Akan tetapi, menjelajah suatu website bisa menjadi aktivitas yang berisiko karena ada banyak bug dan malware yang dapat menginfeksi perangkat dan membahayakan keamanan Anda.

Akan tetapi, jangan khawatir, pasalnya ada beberapa cara untuk menghindari ancaman ini dan melindungi perangkat Anda saat menjelajah website. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Menghindari Malware Saat Asyik Browsing

Inilah beberapa cara menghindari bug dan malware saat menjelajah berbagai website.

1. Instal dan Perbarui Software atau Aplikasi Keamanan

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi perangkat Anda dari bug dan malware adalah dengan menginstal dan memperbarui software atau aplikasi keamanan. Hal ini termasuk software antivirus dan anti-malware, serta firewall. Program tersebut dapat membantu mendeteksi dan menghilangkan ancaman sebelum menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperbarui program-program ini, karena ancaman-ancaman baru terus bermunculan.

2. Hindari Download File Gratisan 

Mengunduh barang gratis seperti unduhan ilegal film, acara TV, atau game populer dapat membuat perangkat Anda berisiko terinfeksi malware. File unduhan ini sering kali disertai dengan malware dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan keamanan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengunduh apapun dari sumber yang tidak terpercaya.

Pilihlah toko aplikasi terkenal seperti Apple App Store, Google Play Store dan hindari mengunduh dari situs web atau sumber pihak ketiga. 

3. Hindari Mengakses Situs Berbagi File

Situs berbagi file adalah sumber umum malware dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan. Situs-situs ini sering kali menghosting file yang sudah terinfeksi malware, dan jika Anda nekat mendownloadnya maka dapat membahayakan perangkat Anda. Oleh karena itu, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari situs berbagi file sama sekali.

4. Hindari Mengklik Link di Menu Pop-up Keamanan Palsu

Penipu technical support sering kali menggunakan pop-up keamanan palsu untuk mengelabui orang agar pengguna internet mengeklik tautan yang akan mengunduh virus, spyware, dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan. Pop-up ini bisa sangat meyakinkan, namun penting untuk diingat bahwa peringatan keamanan yang sah tidak akan pernah meminta Anda mengeklik tautan atau mengunduh apa pun.

5. Hindari Klik Iklan yang Dipasang oleh Penipu

Penipu sering kali memasang iklan di situs web yang terlihat sah atau valid, tapi sebenarnya dirancang untuk mengelabui orang agar mengunduh malware dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan. Iklan tersebut bisa sangat meyakinkan, tapi penting untuk berhati-hati dan menghindari mengklik apa pun yang tampak mencurigakan.

6. Berhati-hati Terhadap Email Phishing

Email phishing adalah metode lainnya yang dapat digunakan penipu untuk mengelabui seseorang agar mengunduh malware dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan. Email ini sering kali tampak berasal dari sumber yang sah atau valid, tapi berisi tautan atau lampiran yang akan menginfeksi perangkat Anda jika Anda mengkliknya. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati dan menghindari mengklik apa pun yang tampak mencurigakan.

7. Gunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi jaringan yang menciptakan koneksi aman melalui internet. VPN dapat membantu melindungi perangkat Anda dari malware dan perangkat lunak lain yang tidak diinginkan dengan mengenkripsi lalu lintas internet dan menyembunyikan alamat IP Anda. Dengan menggunakan VPN, maka peretas dan penjahat lainnya kesulitan untuk melacak aktivitas online Anda dan menginfeksi perangkat Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bug dan malware saat menjelajah berbagai website.