<p>Bunga kertas alias bougenville yang ditanam di sekitar sirkuit MotoGP Mandalika Lombok / Itdc.co.id</p>
Nasional

Ini Alasan Pertamina Jadi Sponsor Utama Ajang Balap MotoGP Mandalika

  • PT Pertamina (Persero) resmi menjadi pendukung utama pada ajang MotoGP di Mandalika, NTB.

Nasional

Yosi Winosa

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi menjadi pendukung utama pada ajang MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan tema Energi Baru untuk Melesat.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan pemilihan tema tersebut lantaran momen perhelatan ajang balap MotoGP 2022 tersebut menjadi energi baru untuk Indonesia berani melesat lebih cepat.

Sesuai  arahan Presiden Joko Widodo terkait tentang pengembangan lima daerah pariwisata super prioritas, kawasan Mandalika NTB menjadi salah satu yang dikembangkan, maka Pertamina bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan pengembangan Pertamina Mandalika Circuit. 

Nicke mengatakan ini merupakan bentuk dukungan  Pertamina untuk Mandalika memposisikan diri sebagai daerah pariwisata yang berskala internasional. 

"Untuk melengkapi kerja sama ini, selanjutnya kami mendukung ajang internasional yang akan dilakukan di Mandalika yaitu MotoGP, event title-nya kita sebut 'Pertamina Grand Prix of Indonesia' sebagai bentuk dukungan utuh dari BUMN," kata dia dalam website resmi, seperti dikutip Minggu, 13 Februari 2022.

Nicke menambahkan, event Pertamina Grand Prix of Indonesia ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih event balapan MotoGP terakhir kali dilaksanakan di Indonesia pada 1997 atau sekitar 25 tahun lalu. Untuk itu, diharapkan event ini menjadi momentum untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kemampuan mengelola dampak pandemi yang sangat baik.

Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika merupakan momentum yang sangat bagus untuk Indonesia di kancah internasional. Sebab, event ini disiarkan secara langsung di lebih dari 200 negara, 428 juta rumah tangga, dan 7 juta penonton. Diharapkan, event ini pun bisa menimbulkan multiplier effect yang baik bagi Indonesia.

"Inilah saatnya kita memperlihatkan kepada dunia keindahan Indonesia di mana ini sirkuit pertama dengan view yang luar biasa dan menjadi satu keunggulan yang bisa menarik turis dari seluruh negara untuk datang ke Mandalika. Kita juga bisa melakukan branding dan membuka pasar untuk produk-produk kita secara internasional serta membawa produk UMKM untuk bisa masuk ke pasar global," tambah Nicke.