Industri

Ini Daftar 4 Bank Terbaik Untuk Bekerja Versi LinkedIn 2022

  • Untuk menyusun peringkat tahun ini, perusahaan menganalisis data dari LinkedIn yang dikelompokkan ke dalam tujuh pilar. Masing-masing pilar tersebut merupakan elemen penting untuk kemajuan karier, yaitu: kemampuan untuk maju, pengembangan keahlian, stabilitas perusahaan, peluang eksternal, afinitas perusahaan, keragaman gender, dan keragaman latar belakang pendidikan.
Industri
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -Linked In merilis daftar LinkedIn Top Companies 2022, yang merupakan peringkat tahunan pertama berisi 15 tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier para talenta, berdasarkan data unik LinkedIn. 

Untuk menyusun peringkat tahun ini, perusahaan menganalisis data dari LinkedIn yang dikelompokkan ke dalam tujuh pilar. Masing-masing pilar tersebut merupakan elemen penting untuk kemajuan karier, yaitu: kemampuan untuk maju, pengembangan keahlian, stabilitas perusahaan, peluang eksternal, afinitas perusahaan, keragaman gender, dan keragaman latar belakang pendidikan.

“Perusahaan-perusahaan tersebut menawarkan stabilitas di dunia kerja yang selalu berubah. Mereka dapat merekrut dan juga mempertahankan karyawannya,” tulis Linked In dalam website remsi, seperti dikutip Selasa, 12 April 2022.

Menariknya, dari 15 perusahaan tersebut, 4 bank menduduki posisi tersebut, tepatnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) di posisi 2, PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) di posisi 5, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI)

Bank Mandiri memiliki beberapa anak usaha termasuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), Mandiri Tunas Finance dan perusahaan lainnya. 

Jumlah Pegawai di Dunia: 37.840 | Lokasi Teratas di Indonesia: Jabodetabek, Bandung, Provinsi Banten | Keahlian paling menonjol: Customer Focused Design, Implementasi Proses, Perbankan | Jabatan pekerjaan paling umum: Program Development Officer, Relationship Manager, Sales | Fungsi pekerjaan terbesar: Keuangan, Sales, Teknologi Informasi.

Yang perlu Anda ketahui: Bank Mandiri adalah pemberi kerja yang setara (equal employer) bagi perempuan dan millennial. Karyawan wanita berjumlah 52% dari total karyawan, dan 32% posisi manajemen tingkat atas diisi oleh wanita. Perusahaan juga memberikan kesetaraan gaji untuk karyawan pria dan wanita.

Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya mengatakan, pengembangan karir di Bank Mandiri sejak awal telah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan. Bank Mandiri meyakini, kapabilitas dan keterampilan pegawai perusahaan atau Mandirian pada seluruh lini punya pengaruh besar terhadap perusahaan.

Salah satu wujud pengembangan karir pegawai yang secara rutin dilakukan Bank Mandiri adalah dengan mengoptimalkan Corporate University agar mampu memiliki karakter berdaya saing tinggi dan adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Corporate University Bank Mandiri bertanggung jawab atas pengembangan kemampuan dan karakter sekitar 40.000 pegawai organik Bank Mandiri melalui berbagai rangkaian program training dan pelatihan. 

“Bank Mandiri juga menempatkan aspek pengembangan karyawan sebagai bagian dari tanggungjawab setiap pemimpin. Keterlibatan pemimpin (“nuntun”) secara intens dan aktif telah berhasil menjadi cara pembelajaran dan regenerasi yang paling efektif dan memberikan meaningful, baik bagi pemimpin maupun anggota team,” kata dia.

PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP)

Bank OCBC NISP memiliki beberapa anak usaha seperti OCBC NISP Ventura

Jumlah Pegawai di Indonesia: 5.777 | Jumlah Pegawai di Dunia: 30,809 | Lokasi Teratas di Indonesia: Jabodetabek, Bandung, Provinsi Banten | Keahlian paling menonjol: Strategi Kompetitif, Perbankan, Enterprise Marketing | Jabatan pekerjaan paling umum: Relationship Manager, Manager Bank, Software Engineer | Fungsi pekerjaan terbesar: Keuangan, Sales, Teknologi Informasi.

Yang perlu Anda ketahui: Bank OCBC NISP memiliki program graduate talent yang dirancang untuk lulusan baru dengan pengalaman kerja maksimal dua tahun. Selain itu, OCBC NISP, bersama dengan KG Media, menyelenggarakan bootcamp untuk memberikan sejumlah UMKM di Indonesia pengetahuan bisnis dan finansial. OCBC NISP mengadakan program vaksinasi COVID-19 massal untuk para pegawainya, sebagai bagian dari inisiatif pemerintah Indonesia. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Bank CIMB Niaga memiliki beberapa anak usaha termasuk CIMB Niaga Auto Finance dan CIMB Niaga Sekuritas

Lokasi Teratas di Indonesia: Jabodetabek, Provinsi Banten, Bandung | Keahlian paling menonjol: Perbankan, Pemasaran | Jabatan pekerjaan paling umum: Relationship Manager, Teller Bank, Spesialis Pemasaran | Fungsi pekerjaan terbesar: Sales, Keuangan, Teknologi Informasi.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN)

Bank Danamon memiliki beberapa anak usaha termasuk Adira Finance 

Jumlah Pegawai di Indonesia: 25.866 | Jumlah Pegawai di Dunia: 170.000 | Lokasi Teratas di Indonesia: Jabodetabek, Bandung, Provinsi Banten | Keahlian paling menonjol: Perbankan, Pemasaran | Jabatan pekerjaan paling umum: Relationship Manager, Account Officer, Spesialis Informasi Teknologi | Fungsi pekerjaan terbesar: Keuangan, Sales, Teknologi Informasi.