Menteri Pertahanan RI dan presiden terpilih Prabowo Subianto (Mast Irham/EPA)
BUMN

Ini Daftar Direksi dan Komisaris BUMN yang Dirombak Demi Prabowo

  • Menteri BUMN Erick Thohir akhir-akhir ini mengotak-atik jajaran direksi dan komisaris dengan menunjuk pendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

BUMN

Debrinata Rizky

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir akhir-akhir ini mengotak-atik jajaran direksi dan komisaris dengan menunjuk pendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Erick Thohir tercatat cukup banyak melakukan perombakan direksi dan komisaris BUMN sepanjang tahun 2024 ini. Berikut daftarnya:

Pertamina

Perusahaan plat merah yang mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ini menunjuk Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Simon menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mundur pada Februari 2024 lalu. Selain Simon, Erick juga menunjuk Condro Kirono sebagai komisaris independen.

PGN

Tak hanya Pertamina, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Perusahaan Gas Negara Tbk menyetujui pengangkatan Rachmat Hutama sebagai Direktur SDM dan Penunjang Bisnis, Arief Kurnia Risdianto sebagai Direktur Manajemen Risiko, Luky Alfirman sebagai Komisaris untuk periode kedua, Christian H Siboro sebagai Komisaris Independen untuk periode kedua.

Lalu, RUPST juga menyetujui pengangkatan Tony Setyo Boedi Hoesodo sebagai Komisaris Independen, Fadjar Hariyanto Widodo sebagai Direktur Keuangan dan Ratih Esti Prihatini sebagai Direktur Komersial.

Tak cuma itu, RUPST juga menyetujui perubahan nomenklatur direksi yakni Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko menjadi Direktur Keuangan dan Direktur Manajemen Risiko, kemudian Direktur Sales dan Operasi menjadi Direktur Komersial.

PLN

Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan komisaris PT PLN (Persero). Erick Thohir menunjuk mantan Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah sebagai komisaris utama, dan politikus Partai Demokrat Andi Arief sebagai komisaris independen.

Pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu, Burhanuddin Abdullah tercatat sebagai Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara, Andi Arief saat ini tercatat sebagai Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat.

Pupuk Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan susunan komisaris PT Pupuk Indonesia (Persero). Dalam perombakan ini, Erick Thohir menunjuk Danar Rahmanto dan Irfan Ahmad Fauzi sebagai komisaris independen.

MIND ID

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) holding industri pertambangan MIND ID pada Juni 2024 lalu menetapkan pengangkatan Grace Natalie Louisa sebagai komisaris perusahaan. RUPST juga menyetujui pengangkatan mantan Menteri Keuangan, Fuad Bawazier sebagai komisaris utama dan Pamitra Wineka sebagai komisaris independen.

Pos Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk dua komisaris baru di PT Pos Indonesia (Persero). Dua komisaris baru itu yakni Muhammad Budi Djatmiko dan Fauzi Baadilla sebagai Komisaris Independen. Penetapan ini disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023.