Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PDIP
Nasional

Ini Daftar Menteri dari PDIP yang Bertahan Sisa Reshuffle

  • JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan kabinet lagi di akhir masa jabatannya. Pelantikan pembantu baru jokowi dilakukan pada hari ini, Sen

Nasional

Debrinata Rizky

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan kabinet lagi di akhir masa jabatannya. Pelantikan pembantu baru jokowi dilakukan pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta.

Beberapa menteri yang dilantik antara lain Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan HAM, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Rosan Roeslani sebagai Kepala BKPM yang juga menjabat sebagai Menteri Investasi. Selain itu, Angga Raka Prabowo diangkat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik tiga kepala badan baru. Dadan Hindayana diangkat sebagai Kepala Badan Gizi, Hasan Nasbi sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan, dan Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Meski tersisa dua bulan lagi menjelang lengsernya Jokowi namun, perombakan kabinet semakin mempertegas dinamika politik menjelang akhir masa jabatan Jokowi, di mana hubungan antara presiden dan PDI-P, partai pengusungnya, semakin rumit.

Pergantian posisi penting tidak hanya menunjukkan penguatan dukungan politik dari Partai Gerindra, tetapi juga menegaskan upaya Jokowi dalam menjaga stabilitas pemerintahannya di tengah berbagai tantangan politik yang dihadapi.

Digantikannya Yosanna dan Arifin Tasrif membuat kader PDIP di kabinet Jokowi berkurang. Berikut kader PDIP yang tersisa di Kabinet Indonesia Maju:

1. Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Pramono telah menjadi menteri di era Jokowi sejak 2015 saat Jokowi masih didampingi oleh wakil presiden Jusuf Kalla. Pramono juga dikenal sebagai kader PDI-P senior dan telah Malang melintang di dunia pemerintahan mulai dari menjadi sekjen hingga wakil ketua DPR RI.

2. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Tri Risma, di Kabinet Indonesia muncul sejak Desember 2020 menggantikan juliari batubara yang tersangkut kasus korupsi bansos. Risma pernah menjabat sebagai walikota Surabaya sebelum akhirnya ditarik ke dalam pemerintahan dan menjadi Menteri sosial.

3. Menteri Koperasi Teten Masduki

Teten Masduki dikenal sebagai seorang aktivis Indonesia yang gencar sekali melawan tindakan korupsi di Indonesia. Pada tahun 2012 ia mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur dan berpasangan dengan Rieke Diah Pitaloka dalam pilgub Jawa Barat 2013 yang diusung oleh PDIP.

4. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Anas

Anas menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia. Sebelumnya ia menjabat sebagai Bupati Banyuwangi dua periode yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

5. Menteri Pemberdayaan Perempuan Bintang Puspayoga

Bintang menjadi menteri pada 23 Oktober 2019, atau saat Jokowi diilantik menjadi presiden pada periode kedua. Posisi Bintang selama ini jauh dari kabar miring. Dia pun berhasil duduk di kabinet di era pemerintahan Jokowi periode kedua tanpa teegantikan. Dia tercatat sebagai perempuan Bali dan Hindu pertama yang terpilih sebagai menteri.