Ponsel
Tekno

Ini Dia 3 Alternatif WhatsApp Jika Anda Tidak Ingin Berbagi Data dengan Facebook

  • Inilah beberapa rekomendasi aplikasi chat alternatif selain WhatsApp. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Semua orang saat ini peduli dengan keamanan data pribadi. Hal ini karena berbagai media sosial hingga platform e-commerce menggunakan data untuk memenangkan pelanggan.

Seperti yang dilansir dari laman Makeuseof, WhatsApp memiliki beberapa pembaruan untuk kebijakan privasinya terkait dengan perusahaan ingin berbagi dengan Facebook. Meskipun benar bahwa WhatsApp memang aman karena pesan pengguna selalu terenkripsi, informasi yang terkait interaksi bisnis tidak lagi sepenuhnya bersifat pribadi.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan 3 alternatif chat WhatsApp berikut ini.

Aplikasi Chat Alternatif Selain WhatsApp

Aplikasi Chat Alternatif Selain WhatsApp

1. Telegram

Telegram memiliki berbagai fitur inovatif yang membedakannya dari pesaingnya. Bahkan, Telegram tidak perlu memberikan nomor telepon pengguna untk mengirim pesan kepada seseorang di Telegram. Itu artinya Telegram telah berhasil mengurangi satu titik data yang diperlukan untuk terhubung dengan pengguna lain. Tidak hanya itu, Telegram juga memudahkan pengguna untuk berbagi file, chat terenkripsi end-to-end, dan perlindungan kata sandi tambahan.

2. Signal

Signal Foundation, perusahan di balik enkripsi end-to-end WhatsApp dan Facebook Messenger memiliki aplikasi chat sendiri yaitu Signal Private Messenger. Tidak seperti WhatsApp, Signal bahkan mengenkripsi metadata file dari file cadangan, panggilan grup, nomor ponsel, tanggal, dan waktu pesan. Signal juga menawarkan fitur penguncian otomatis berjangka waktu, penghancur pesan otomatis untuk file yang disimpan secara lokal, dan mencegah orang lain mengambil screenshot chat.

3. Wickr Me

Wickr dapat digunakan untuk share screen, berbagi lokadi, dan status Anda. Bahkan pesan dan memo di Wickr Me juga diklaim dienkripsi sepenuhnya. Wickr juga dapat mendukung integrasi langsung dengan SalesForce, Jira, Zendesk, dan aplikasi lainnya.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi chat alternatif selain WhatsApp. Selamat mencoba.