Warga berfoto dengan latar ornamen pohon Natal yang dipajang di pedestrian Bundaran HI, Jakarta, Sabtu, 25 Desember 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Gaya Hidup

Ini Dia 5 Kegiatan yang Dapat Menghasilkan Uang Selama Liburan

  • Liburan justru bikin pengeluaran Anda semakin boros? Cobalah untuk melakukan 5 kegiatan ini karena dapat menghasilkan banyak uang selama liburan
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Musim liburan seperti liburan Natal dan Tahun Baru memang dinanti-nanti banyak orang karena ingin segera istirahat dan berkumpul bersama orang terdekat dan keluarga. Akan tetapi, liburan ternyata bisa menghabiskan banyak uang. 

Jika Anda khawatir tabungan Anda semakin menipis karena liburan, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan berikut yang bisa menghasilkan uang selama liburan.

Menghasilkan Uang dari Foto

Saat liburan tentu Anda sering mengambil foto apalagi jika sedang berada di tempat wisata. Daripada foto-foto tersebut hanya akan menumpuk di galeri foto di ponsel, lebih baik Anda mengunggahnya ke situs gambar seperti Shutterstock dan iStock. Hal ini karena situs gambar tersebut akan membayarkan royalti bagi Anda yang menjadi kontributor.

Kursus Privat

Saat sedang liburan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka kursus privat. Anda bisa menjadi tutor untuk orang-orang atau anak-anak yang ingin mempelajari skill yang Anda kuasai seperti les piano, kursus Microsoft Excel, dan sebagainya. 

Menyewakan Kendaraan

Saat liburan, biasanya banyak orang yang membutuhkan kendaraan untuk bepergian menuju ke tempat wisata. Jika Anda memiliki kendaraan dan berlokasi dekat dengan tempat wisata, Anda bisa menyewakan mobil Anda untuk para turis. Selain itu, jika Anda bisa meluangkan waktu, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa mengantar dan menjemput wisatawan dari bandara terdekat.

Merawat Hewan Peliharaan

Saat liburan, biasanya orang-orang yang memiliki hewan peliharaan akan mencari tempat yang menyediakan jasa penitipan hewan. Jika Anda merupakan seorang yang ahli merawat hewan peliharaan, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menyediakan jasa penitipan hewan kepada orang-orang terdekat Anda yang ingin liburan dan ingin hewan peliharaannya tetap dijaga.

Membuka Jasa Titip

Saat Anda liburan ke suatu daerah atau negara tertentu, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa titip beli. Hal ini karena biasanya tempat wisata yang dituju memiliki hal unik dan khas yang hanya bisa ditemukan di sana. Anda bisa mengunggah barang-barang tersebut di media sosial, dan Anda bisa mendapatkan keuntungan lewat biaya jasa yang Anda terapkan.