<p>Pekerja membersihkan logo beberapa perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Maret 2020 nilai aset asuransi jiwa mengalami penurunan secara tahun berjalan maupun secara tahunan sedangkan asuransi umum justru tumbuh, industri asuransi jiwa mencatatkan total aset Rp 529,2 trilun atau menurun 10,4 % (ytd) dari Desember 2019 senilai Rp 590,7 triliun. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Ini Dia 5 Perusahaan Asuransi Berkinerja Terbaik Selama 10 Tahun Berturut-turut

  • Penghargaan Platinum Trophy dari ajang Infobank Insurance Awards 2020 diberikan pada perusahaan asuransi dengan kinerja sangat bagus selama 10 tahun berturut-turut versi Majalah Infobank

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Sebanyak lima perusahaan asuransi meraih penghargaan Platinum Trophy dari ajang Infobank Insurance Awards 2020. Predikat ini diberikan pada perusahaan asuransi dengan kinerja sangat bagus selama 10 tahun berturut-turut versi Majalah Infobank.

Perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut dibagi dalam dua kategori.

Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) merupakan satu-satunya perusahaan asuransi jiwa yang berhasil menyabet titel terbaik 10 tahun berturut-turut. Sementara, empat lainnya merupakan perusahaan asuramsi umum, yaitu BRI Asuransi Indonesia, Dayin Mitra, MSIG Indonesia, dan BCA Insurance.

Direktur Biro Riset Infobank, Eko Supriyanto mengatakan, memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan bisnis asuransi di Tanah Air bukanlah perkara mudah. Apalagi, mempertahankannya untuk jangka waktu yang panjang.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi Infobank kepada industri asuransi, khususnya kepada perusahaan-perusahaan asuransi yang berhasil menjaga kinerja terbaiknya di tengah tekanan ekonomi,” katanya di Jakarta, Senin, 24 Agustus 2020.

Secara umum, penghargaan dipersembahkan kepada 46 perusahaan asuransi yang berhasil mencatatkan kinerja terbaiknya sepanjang tahun 2019. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil kajian Biro Riset Infobank. Rating didasarkan pada kinerja perusahaan asuransi yang telah di audit dua tahun terakhir.

Dalam rating asuransi ini, Biro Riset Infobank mengelompokkan asuransi jiwa dan asuransi umum berdasarkan pendekatan premi bruto. Sedangkan rasio yang digunakan dalam rating setidaknya ada 12 jenis.

Beberapa rasio yang dipakai yakni rasio kecukupan modal, likuiditas, aset, kecukupan investasi, pertumbuhan premi bruto, pertumbuhan modal sendiri dan premi bruto dibanding rata-rata modal sendiri,

Lalu ada juga rasio perimbangan hasil investasi dengan pendapatan premi neto, beban dibanding pendapatan premi neto, laba/rugi, premi retensi sendiri dibanding modal sendiri, dan hasil underwriting dibanding premi neto.

Berdasarkan penilaian sejumlah rasio keuangan tersebut, perusahaan asuransi yang berhasil meraih total nilai di 81% ke atas mendapat predikat sangat bagus. Perusahaan peraih predikat inilah yang layak dianugerahi penghargaan.