Komunitas

Ini Dia Desa Penghasil Durian Terbesar Bali…

  • SURABAYA- Desa Pupuan Kabupaten Tabanan dikenal dengan penghasil durian terbaik di Bali. Hamparan ladang durian terhampar luas di setiap sudut desa ini.  Saat musim durian seperti ini banyak durian dijajakan di tepi jalan. Pemandangan ini juga bagian dari tujuan kunjungan wisatawan.Di desa Pupuan juga ada banyak jenis durian yang dikenal sangat lezat rasanya. Dari desa inipula kebutuhan durian […]

Komunitas
Adhitya Noviardi

Adhitya Noviardi

Author

SURABAYA- Desa Pupuan Kabupaten Tabanan dikenal dengan penghasil durian terbaik di Bali. Hamparan ladang durian terhampar luas di setiap sudut desa ini. 

Saat musim durian seperti ini banyak durian dijajakan di tepi jalan. Pemandangan ini juga bagian dari tujuan kunjungan wisatawan.
Di desa Pupuan juga ada banyak jenis durian yang dikenal sangat lezat rasanya.

Dari desa inipula kebutuhan durian di berbagai daerah bahkan di Jawa Tumur juga dipasok. Distributor durian bernama Komang Subirawan mengatakan setiap bulannya pukuhan ribu buah durian dikirim ke Pasuruan serta Surabaya.

“Setiap hari saya kirim sekitar 500 sampai 700 biji untuk ke Pasuruan, Surabaya serta Semarang,” kata Komang Subirawan Jumat (16/1) pekan lalu.

Durian asal Pupuan ini sangat diminati oleh konsumen. Sedikitnya dari Pupuan saja ada delapan jenis durian yang paling banyak diminati oleh konsumen. 

Delapan jenis itu kata dia adalah durian manalagi, kemudian durian si kunyit, durian si bambu. Ada juga durian si jantung, kemudian ada juga pandanwangi serta durian si mas.

“Ini semua dari Pupuan, ada banya jenis durian sebetulnya di Pupuan. Banya sekali di Pupuan jenis durian,” ungkapnya.

Untuk harga, menurut dia, saat ini disesuaikan dengan ukuran durian. Dia pun membaginya dengan lima jenis harga. Untuk durian super jumbo harganya Rp 45 ribu. Kemudian untuk durian jumbo Rp 35 ribu.

Kemudian, kemudian type A Rp 27 ribu, type B Rp 17 ribu, type C Rp 9 ribu. Selain durian, Desa Pupuan juga dikenal penghasil kopi.
Kecamatan Pupuan memiliki luas 1877 hektar untuk lahan persawahan.

Kontur tanahnya yang berbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Selain itu, Kecamatan Pupuan juga terkenal sebagai daerah penghasil kopi Robusta di Bali.

Sejak 30 Januari 2017, Kopi Robusta Pupuan mendapat sertifikat indikasi geografis (SIG) dari Kementrian Hukum dan HAM RI karena memiliki kekhasan yang tidak ditemukan di tempat lain.