Sering Dapat Undangan Pernikahan Justru Bikin Boros? Ini Cara Menyiasatinya
Gaya Hidup

Ini Dia Strategi Berhemat Saat Pindah ke Tempat dengan Biaya Hidup Mahal

  • Inilah beberapa strategi berhemat saat Anda harus pindah ke tempat dengan biaya hidup meningkat.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Biaya hidup yang terus meningkat tentu kerap jadi persoalan yang sulit untuk dipecahkan. Apalagi jika Anda berpindah dari daerah dengan biaya hidup rendah, menuju ke kota dengan biaya hidup tinggi.

Pada awalnya Anda mungkin terasa kaget, tapi Anda tetap harus berjalan maju membuat strategi agar bisa terus bertahan hidup meski biaya hidup meningkat. Berikut beberapa strategi berhemat saat Anda harus pindah ke tempat dengan biaya hidup meningkat.

Ketahui Kebutuhan Anda

Saat Anda sudah berpindah ke kota yang baru, coba mulai selidiki pos-pos pengeluaran Anda sehari-hari. Anda juga bisa memeriksa tagihan biaya listrik jika perlu untuk dikurangi. Misalkan jika Anda memang sudah bisa merasa nyaman dengan kipas angin, Anda tidak perlu memasang AC sehingga tagihan listrik Anda tidak membengkak.

Belajar Mengurangi Pengeluaran

Jika Anda mencoba menghemat uang ketika biaya hidup semakin tinggi, cobalah untuk menurunkan pengeluaran untuk menyesuaikan diri. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hal-hal yang perlu dikurangi adalah dengan membuat jurnal pengeluaran yang berisi catatan belanja Anda selama 30 hari. Anda bisa memantau pembelian apa yang membuat Anda puas atau pembelian yang memicu rasa bersalah. Dengan melacak perilaku Anda saat berbelanja, akan memperjelas berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Temukan Cara untuk Mendapatkan Lebih Banyak Uang

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi biaya hidup yang tinggi serta memotong pengeluaran saja tampak tidak cukup, Anda mungkin memerlukan peningkatan penghasilan. Pertimbangkan untuk menegosiasikan kenaikan gaji atau mencari pekerjaan baru yang menawarkan lebih banyak kesempatan dan gaji yang lebih baik.

Kenaikan biaya hidup di berbagai tempat memang merupakan hal biasa dan seringkali tak terhindarkan. Anda bisa tetap mengatasinya dengan kerja keras, kesabaran ekstra dan pemikiran yang cermat.